Breaking News:

Berita DPRD Samarinda

Pemkot Samarinda Targetkan PAD Tahun 2022 Rp 534 Miliar, DPRD Minta Optimalkan OPD Pemungut Pajak

Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Samarinda ditargetkan oleh pemerintah kota sebesar Rp 534 Miliar dalam APBD tahun 2022.

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD RIDUAN
Wakil Ketua III DPRD Kota Samarinda, Subandi.┬áTRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD RIDUAN 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Samarinda ditargetkan oleh pemerintah kota sebesar Rp 534 Miliar dalam APBD tahun 2022.

Hal ini ditanggapi DPRD Samarinda yang menginginkan Pemkot Samarinda bisa memaksimalkan potensi PAD yang ada melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki akses terhadap penerimaan pajak dan retribusi.

Wakil ketua III DPRD Kota Samarinda, Subandi menyampaikan bahwa peningkatan PAD itu juga akan berdampak pada upaya pembangunan infrastruktur kota Samarinda yang mulai dikerjakan tahun 2022.

"Pemkot harus berinovasi dan memaksimalkan OPD khususnya OPD pemungut pajak dalam rangka peningkatan PAD kota Samarinda," sebutnya Jumat (3/12/2021).

Subandi mengemukakan bahwa terbatasnya anggaran kota Samarinda membuat penanganan dan pelaksanaan program-program pemerintah untuk pengentasan banjir tidak dapat dilakukan sekaligus.

Baca juga: Proyek Multiyears Berjalan Tahun 2022, Wakil Ketua DPRD Samarinda Pastikan tak Hanya Andalkan APBD

Baca juga: Terapkan PPKM Level 3 Saat Libur Nataru, Komisi IV DPRD Samarinda Khawatir Berdampak Terhadap UMKM

Baca juga: Komisi II DPRD Samarinda Ingin Perumda Varia Niaga Lirik Potensi Lain untuk Tingkatkan PAD

Upaya yang dilakukan pemerintah kota adalah bersifat jangka pendek karena ia mengatakan perlu anggaran ratusan miliar untuk membangun sistem jangka panjang penanganan banjir di Samarinda.

"(Anggaran) sangat minim sebenarnya, untuk pengentasan banjir saja kalau secara menyeluruh dan komperhensif itu perlu anggaran sekitar ratusan miliar, maka sementara yang bisa dilakukan hanya jangka pendek seperti normalisasi drainase serta pembuatan drainase baru," ungkap legislator PKS tersebut.

Namun Subandi yakin dengan pemerintahan saat ini bisa menjawab tantangan keadaan tersebut dan mampu melakukan perubahan dalam hal peningkatan PAD melalui beberapa program yang sudah dicanangkan.

"Seperti potensi parkir serta melalui perusahan daerah kita harap bisa berkontribusi lebih kepada target PAD kita," ujar Subandi yang juga koordinator komisi II DPRD itu. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved