Berita Pemprov Kalimantan Timur

Buka Festival Danau Semayang, Gubernur Isran Minta Gali Terus Potensi Desa

Gubernur Kaltim H Isran Noor membuka Festival Danau Semayang Tahun 2021 yang ditandai dengan pemukulan gendang dan pemotongan nasi tumpeng.

Editor: Diah Anggraeni
Humasprov Kaltim/Adi Suseno/Arief M
Gubernur Kaltim H Isran Noor memukul gendang sebagai tanda dibukanya Festival Danau Semayang. Dengan adanya festival ini diharapkan potensi wisata desa akan lebih dikenal. 

TRIBUNKALTIM.CO - Gubernur Kaltim H Isran Noor membuka Festival Danau Semayang Tahun 2021 yang ditandai dengan pemukulan gendang dan pemotongan nasi tumpeng.

Gubernur Isran mengatakan, Pemprov Kaltim menyadari bahwa saat ini ketergantungan terhadap kekayaan sumber daya alam (SDA) sangat besar dan mendominasi struktur pendapatan daerah.

Baca juga: Kunker Hari Pertama Gubernur Kaltim Dimulai, Perjalanan Darat Samarinda - Tabang

Di satu sisi sumber daya alam seperti hasil hutan, pertambangan batu bara, serta minyak dan gas bumi terus berkurang dan suatu saat akan habis.

"Karena itu, fokus pemerintah provinsi ke depan akan mengembangkan sektor-sektor pembangunan yang berbasis renewable resources, seperti sektor pertanian dalam arti luas dan sektor pariwisata," kata Isran di Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun, Selasa (7/12/2021).

Mantan Bupati Kutai Timur itu mengatakan, Festival Danau Samayang ini sangat positif untuk penarik pengunjung dan wisatawan.

"Di masa pandemi Covid-19 ini, berbagai aktivitas sangat berdampak, termasuk jumlah kunjungan wisatawan ke Desa Pela tentunya menurun. Oleh karena itu, warga masyarakat harus bangkit dengan terus menggali potensi daerah," pesan Isran Noor.

Baca juga: Antusias Terhadap Pengembangan Energi Terbarukan, Gubernur Kagumi Biogas PT Rea Kaltim

Melalui Festival Danau Semayang ini, diharapkan Desa Pela maupun desa-desa lainnya di Kecamatan Kota Bangun akan semakin dikenal dan bisa menjadi destinasi wisata unggulan.

"Kemajuan teknologi dan informasi tidak bisa dilepaskan dari upaya pengembangan dan promosi pariwisata. Oleh karena itu, terus gencarkan promosi wisata sehingga Desa Pela semakin dikenal masyarakat luas," pesan Isran Noor. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved