Breaking News:

Natal dan Tahun Baru

Jelang Masa Liburan Natal dan Tahun Baru, Dinkes Bulungan Kaltara Siapkan 3.000 Kit Rapid Antigen

Dua pekan menjelang masa liburan Natal dan Tahun Baru, pihak Dinkes Bulungan menyampaikan akan menyiapkan rapid antigen bagi pelaku perjalanan.

TRIBUNKALTIM.CO/MAULANA ILHAMI FAWDI
Petugas dari Dinkes Bulungan saat pemeriksaan Rapid Antigen bagi pelaku perjalanan laut di Pelabuhan Speedboat Kayan 2 Tanjung Selor pada libur Lebaran 2021 lalu (TRIBUNKALTIM.CO/MAULANA ILHAMI FAWDI) 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Dua pekan menjelang masa liburan Natal dan Tahun Baru, pihak Dinkes Bulungan menyampaikan akan menyiapkan rapid antigen bagi pelaku perjalanan.

Pelaksanaan rapid antigen bagi pelaku perjalanan akan dimulai di masa liburan Natal dan Tahun Baru, atau mulai dari tanggal 24 Desember mendatang.

Di mana fokus pemeriksaan nantinya akan dilakukan di pelabuhan speedboat Kayan 2 dan perbatasan darat Berau-Bulungan.

Menurut Kepala Dinkes Bulungan Imam Sujono, pihaknya telah menyiapkan sekitar 3.000 kit rapid antigen. Imam berharap, pihak Pemprov Kaltara juga dapat membantu ketersediaan kit rapid antigen.

"Kami sudah siapkan 2.500-3.000, hitung-hitungan kami itu hanya bertahan 6 hari, jadi sisanya kami harap provinsi juga berkontribusi," kata Imam Sujono, Minggu (12/12/2021) malam.

Baca juga: CPNS Kaltara, BKD Siapkan Fasilitas Rapid Antigen Berbayar saat Pelaksanaan Tes SKD

Baca juga: Harga Rapid Antigen Maksimal Rp 109 Ribu, Dinkes Berau Perlu Sosialisasi Dahulu

Baca juga: Tingkatkan Angka Testing Covid-19, Dinkes Kutim Galakkan Tes Rapid Antigen Acak di Tempat Keramaian

Kendati akan menerapkan pemeriksaan rapid antigen bagi pelaku perjalanan, pihak Dinkes Bulungan mengaku masih menunggu surat edaran resmi dari Pemprov Kaltara terkait teknis syarat perjalanan di masa liburan Natal dan Tahun Baru.

Pihaknya berharap, ada keserentakan aturan syarat perjalanan yang berlaku di lima kabupaten kota di se Kaltara.

Karena menurut Imam, bila hanya Bulungan saja yang menerapkan pemeriksaan antigen, sedang kabupaten kota lainnya tidak, maka akan cukup berat untuk melaksanakan pengetatan perjalanan

"Kami masih menunggu SE dari Pemprov untuk perjalanan," katanya.

"Kami harapkan serentak rapid antigen, seperti di pelabuhan Tanjung Selor, kami harapkan di Tarakan juga terapkan rapid antigen. Termasuk di perbatasan Berau Bulungan dan perbatasan dengan kabupaten lainnya," terangnya.

Baca juga: Inilah Tarif dan Daftar Nama-nama Klinik di Bulungan, Melayani Rapid Antigen Rekomendasi Kemenkes RI

"Karena kalau hanya kita saja, itu nanti sia-sia, kalau kabupaten lainnya tidak menerapkan," tuturnya.

Terkait teknis pelaksanaan pemeriksaan, Imam memastikan pemeriksaan rapid antigen yang dilakukan oleh Dinkes Bulungan tidak akan berbayar.

"Itu nanti tidak berbayar, kalau kami konsepnya orang yang harus keluar wilayah dia harus sudah di antigen, seperti dari sini ke Tarakan itu sudah harus antigen, dan harapannya dari Tarakan ke sini juga sudah harus antigen," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved