Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Parade Perahu Nelayan di Perairan Malundung, Peringati Hari Nusantara, Meriahkan HUT ke-24 Tarakan

Momen peringatan Hari Nusantara ikut dimeriahkan Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia atau KNTI Kaltara, Senin (13/12/2021).

TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH
Aktivitas perahu nelayan tergabung dalam Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KTNI) Provinsi Kaltara, Senin (13/12/2021). TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Momen peringatan Hari Nusantara ikut dimeriahkan Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia atau KNTI Kaltara, Senin (13/12/2021).

Ini ditandai dengan penampilan parade perahu nelayan di depan Pelabuhan Malundung Kota Tarakan. Puluhan perahu nelayan tampak berarak menuju Perairan Beringin dan kembali ke lokasi start di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan.

Dikatakan Ketua KNTI Kaltara, Rustan, hari ini adalah peringatan hari merdekanya masyarakat kelautan secara nasional. Total ada 18 provinsi yang memperingati Hari Nusantara ini lanjut Rustam.

"Termasuk Kaltara.Kami melakukan ini dengan tema Laut Sebagai Sumber Kehidupan Bersama. Tema ini maknanya sangat luas bersama. Kami dari KTNI mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Nusantara," beber Rustan kepada TribunKaltara.com, Senin (13/12/2021).

Ia melanjutkan, sebagai nelayan, makna tema tahun ini harus legawa sebagai nelayan, sama-sama memanfaatkan laut dengan catatan jangan ada yang memonopoli.

Baca juga: NEWS VIDEO Festival Pesona Selat Lembeh Virtual 2021, Ada Parade Perahu Taksi Bergambar Mural

Baca juga: Dihembus Angin Kencang, Satu Perahu Nelayan di Lingkas Ujung Tarakan Terbelah Dua

Baca juga: Dua Orang Tewas Saat Tabrakan Perahu Nelayan dan Sembako di Perairan Laut Muara Badak Kukar

"Contohnya ada regulasi pihak pelabuhan dan perusahaan jangan sampai ada indikasi bahwa itu usaha-usaha bisa mengambil hak-hak ruang tangkap nelayan," beber Rustan.

Untuk itu, sesuai tema, laut dikelola secara bersama. Parade perahu ini sendiri, dihadiri 100 perahu nelayan. "Kalau bisa target di atas 100 perahu dan teman-teman sudah bersedia hadir. Kebetulan jam saat ini kondisi air tidak mendukung," jelasnya.

Parade perahu nelayan rutenya dari Pelabuhan Malundung start menuju perairan di wilayah Beringin. Kemudian kembali ke Pelabuhan Malundung.

"Nanti sampai di pelabuhan, cabut undian dan hadiahnya itu alat navigasi nelayan termasuk alat kompas, senter kepala, penerangan lampu jalan," ujarnya.

Ini juga sebagai ajang silaturahmi sekaligus menunjukkan kepada negara, dan ikut memeriahkan HUT ke-24 Tarakan.

"Ikut juga meriahkan HUT Tarakan. Kami ingin menggambarkan bahwa kami tidak hanya memanfaatkan SDA-nya tapi juga mengenang jasa -jasa pejuang kita yang sudah memersatukan maritim," ujarnya.

Ia berharap peringatan Hari Nusantara ini, hak-hak konstitusi nelayan tetap terlindungi negara.(*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved