Gempa Bumi

BMKG Akhiri Peringatan Dini Tsunami Usai Gempa di NTT, Warga Diminta Tetap Waspada Gempa Susulan

BMKG resmi mencabut peringatan dini tsunami pasca gempa magnitodo 7,4 yang mengguncang wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021).

TWITTER.COM/@INFOBMKG
Guncangan gempa bumi dirasakan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan ( Sulsel ), Selasa (14/12/2021), sekitar pukul 11:22 Wita. Akibat gempa 7,5 SR di Larantuka, NTT. 

TRIBUNKALTIM.CO - Hingga dua jam usai gempa bumi di Nusa Tenggara Timur, tidak ada penambahan ketinggian air laut secara signifikan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun resmi mencabut peringatan dini tsunami pasca gempa magnitodo 7,4 yang mengguncang wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021).

Kendati demikian warga diminta untuk tetap waspada.

Baca juga: Gempa NTT Hari Ini dan Peringatan Dini Tsunami, Bacaan Doa Ketika Gempa Bumi Lengkap dengan Artinya

Seperti dilansir dari Kompas.com, pencabutan peringatan dini itu disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers Selasa.

Rita menuturkan, 2 jam setelah gempa pertama kali terjadi pada pukul 11.20 Wita, tidak terdeteksi kenaikan permukaan air laut.

"Sekarang sudah 2 jam setelah kejadian sekarang sudah pukul 13.24, artinya sudah lebih dari 2 jam setelah kejadian dan tidak terdeteksi kenaikan muka air laut lagi, maka peringatan dini tsunami dinyatakan telah berakhir," kata Rita, dalam siaran langsung di kanal YouTube InfoBMKG.

Rita meminta kepada kepada daerah di NTT untuk bisa menginformasikan kepada warga soal berakhirnya peringatan dini tsunami ini.

"Artinya sudah bisa kembali ke tempat masing-masing," kata Rita.

Namun, dirinya mengimbau, apabila warga kembali merasakan guncangan kuat di tepi pantai, tidak perlu menunggu sirene, agar kembali ke tempat yang aman atau lebih tinggi.

Bacaan Doa Ketika Gempa Bumi Lengkap dengan Artinya

Hari ini, Selasa 14 Desember 2021, gempa magnitudo 7,5 mengguncang Larantuka, Nusa Tenggara Timur ( NTT ) sekitar pukul 10.20.22 WIB

Setelah gempa pertama dengan magnitudo 7,5 data BMKG dimutakhirkan gempa magnitudo 7,4. 

Selanjutnya, juga terjadi beberapa gempa susulan di sejumlah wilayah di Indonesia Timur.

Simak bacaan doa ketika terjadi gempa bumi lengkap beserta artinya di dalam artikel.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved