Berita Kubar Terkini

Polsek Bentian Besar Kubar Bagikan Maklumat Pencegahan Karhutla di Perbatasan Kaltim-Kalsel

Kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kerap kali terjadi di wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) khusus saat memasuki musim kemarau

Penulis: Zainul | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Personel Polsek Bentian Besar, Kutai Barat membagikan maklumat pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada masyarakat di perbatasan wilayah Kalimantan Timur-Kalimantan Selatan. TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL 

TRIBUNKALTIM.CO,SENDAWAR- Kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kerap kali terjadi di wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) khusus saat memasuki musim kemarau. 

Terlebih lagi Kutai Barat merupakan salah satu wilayah Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki hamparan hutan luas serta tanah gambut yang terbilang rawan terbakar.

Untuk mengantisipasi Karhutla tersebut, apar TNI Polri dan pemerintah daerah telah melakukan langkah-langkah pencegahan dengan melibatkan masyarakat Kampung. 

Seperti yang dilakukan jajaran Polsek Bentian Besar pada Rabu (22/12). Selain melakukan pemasangan spanduk rawan Karhutla di beberapa kawasan, para personil Polsek Bentian Besar juga membagikan makulmat pencegahan Karhutla kepada masyarakat di kawasan perbatasan wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

"Kegiatan ini terus dilaksanakan oleh Polsek Polsek, tidak hanya Polsek Bentian Besar tetapi juga jajaran Polres Kutai Barat, baik dengan melakukan himbauan berupa pembagian maklumat ataupun pemasangan spanduk larangan membakar hutan dan lahan" ujar Kapolsek Bentian Besar, AKP Andreas.

Diketahui, kawasan Bentian Besar merupakan salah satu Kecamatan yang berbtasan langsung dengan wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. 

Selain memiliki hamparan hutan yang sangat luas, Kecamatan Bentian Besar sendiri juga banyak terdapat hutan adat dan hutan lindung yang harus dijaga dan dilestarikan. 

"Diharapkan kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Bentian Besar untuk tetap bisa menjaga hutan untuk kelestarian lingkungan generasi penerus anak cucu kita dan mencegah supaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan sehingga terhindar dari bencana asap yang terjadi," harap Kapolsek Bentian Besar, AKP Andreas. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved