Breaking News:

Berita Kodam VI Mulawarman

Pangdam VI Mulawarman Resmikan Markas Korem 092 Maharajalila

Masih dalam rangkaian acara peresmian Markas Korem 092 Maharajalila, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso melakukan peletakan batu

Editor: Diah Anggraeni
HO/Kodam VI Mulawarman
Peresmian Markas Korem 092 Maharajalila di Jalan Katamso Tanjung Selor, Rabu (22/12/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Masih dalam rangkaian acara peresmian Markas Korem 092 Maharajalila, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Hizbul Wathan Korem 092 Maharajalila, Jalan Katamso Tanjung Selor, Rabu (22/12/2021).

Pangdam Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso mengatakan, pembentukan Korem 092 Maharajalila ini merupakan pemekaran dari Korem 091 Aji Surya Natakesuma sesuai Perkasad Nomor 23 Tahun 2019 tanggal 6 Desember 2019, sekaligus sebagai upaya komando atas dalam memenuhi kebutuhan organisasi sebagai implementasi strategi pertahanan aspek darat.

Kehadiran Korem 092 Maharajalila ini sesungguhnya selaras dengan penataan organisasi TNI AD, juga telah melewati proses pengkajian secara cermat dan seksama sesuai tantangan tugas ke depan.

Baca juga: Pangdam VI Mulawarman Sambut Kedatangan Presiden Joko Widodo di Kaltara

Ia mengatakan, kehadiran Korem 092/Mrl merupakan realisasi dari keinginan, harapan dan permintaan masyarakat serta pemerintah daerah di Kaltara akan adanya satuan teritorial dan telah mendapat restu dari seluruh komponen masyarakat serta pemda.

Sebagai salah satu bukti kepercayaan masyarakat Provinsi Kaltara kepada Kodam VI Mulawarman.

"Perlu saya sampaikan bahwa proses penamaan Korem 092 Maharajalila dengan moto Wira Kangar Begali Mundur yang memiliki arti Prajurit Pemberani Pantang Mundur merupakan usul dan masukan serta kajian dari Kodam VI Mulawarman, pemda serta ketua adat di Provinsi Kalimantan Utara ini agar dapat mengakomodir kearifan lokal," terangnya.

Adanya Korem 092 Maharajalila di Provinsi Kalimantan Utara yang merupakan wilayah perbatasan RI-Malaysia akan memberikan efek tangkal bagi pihak manapun yang berniat mengganggu keutuhan dan kedaulatan wilayah Indonesia.

Pasalnya, wilayah perbatasan merupakan garda terdepan bangsa Indonesia.

Untuk itu, Korem 092 Maharajalila yang berada di wilayah perbatasan dengan segala risikonya adalah jaminan bagi masyarakat Indonesia untuk dapat beraktivitas sehari-hari dengan nyaman dan tenang.

"Dengan diresmikannya Makorem 092 Maharajalila, maka tugas-tugas Korem 092 Maharajlila dalam pemberdayaan wilayah pertahanan darat di wilayah Provinsi Kaltara akan dapat dilaksanakan secara lebih efektif dan efisien, karena memudahkan sistem pengendalian dengan memperpendek jarak," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Kunjungan Kerja ke Kaltara, Pangdam VI/Mlw Cek Kesiapan Pengamanan VVIP 

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved