Breaking News:

Virus Corona di Paser

Vaksinasi Lansia di Paser Capai 50%, Kadinkes Optimistis Akhir Januari Penuhi Target 60%

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Paser, cakupan vaksinasi bagi masyarakat Lanjut Usia (Lansia) di Kabupaten Paser baru mencapai angka 50

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Paser, dr. I Dewa Made Sudarsana menjelaskan capaian vaksinasi lansia di Kabupaten Paser, Rabu (12/1/2022). TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Paser, cakupan vaksinasi bagi masyarakat Lanjut Usia (Lansia) di Kabupaten Paser baru mencapai angka 50,25%.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Paser, dr. I Dewa Made Sudarsana saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/1/2022).

Dia menjelaskan, capaian vaksinasi lansia merupakan penentu dan syarat untuk dapat dilakukan vaksinasi untuk anak usia 6-12 tahun.

"Sudah mencapai 50,25%, vaksinasi lansia ini syarat yang harus kita penuhi dulu agar anak-anak sekolah umur 6 sampai 12 dapat divaksinasi Covid-19," jelasnya.

Dewa menambahkan, berdasar dari arahan Kapolda Kaltim menargetkan pada 16 Januari 2022 capaian vaksinasi untuk lansia sudah mencapai 60%.

Baca juga: Polres Paser Gencarkan Vaksinasi dengan Jemput Bola, Ingin 700 Lansia Divaksin Sehari

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Covid-19 Saat Natal dan Tahun Baru, Polres Paser Imbau Masyarakat tak Mudik

Guna mencapai target tersebut, Kabupaten Paser membutuhkan 1.000 Lansia yang harus divaksin, dengan menargetkan tiap Puskesmas di kecamatan harus melaksanakan vaksinasi 100 lansia.

"Dengan target 100 lansia di tiap Puskesmas kecamatan, kita bagi 5 hari, per harinya itu harus melaksanakan vaksinasi sebanyak 20 lansia, jika itu berjalan tentunya tercapai," ucapnya.

Menurutnya, pegawai Puskesmas jangan hanya melihat angka 1.000 lansia yang harus divaksin, namun harus memperhitungkan target 20 lansia di tiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Paser.

Dinkes Paser menargetkan, vaksinasi lansia bisa mencapai angka 60% pada 22 Januari 2022 mendatang, dengan catatan Puskesmas Kecamatan harus mencapai target yang ditentukan.

"Kami optimis itu dapat tercapai, setelah tercapai barulah pengundian doorprize yang telah kami persiapkan untuk para lansia yang ikut vaksinasi," kata Dewa.

Baca juga: Ratusan Lansia Datangi Gerai Vaksin Presisi Polres Paser, Kejar Target Bisa Capai 60%

Rencananya, Dinkes Paser menyiapkan 2 unit sepeda sebagai doorprize di tiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Paser, guna memotivasi masyarakat untuk ikut menyukseskan program percepatan vaksinasi Covid-19. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tRibunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved