Breaking News:

Sepanjang Tahun 2021, PLN Rampungkan PSN di Kalimantan

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP Kalbagtim) berhasil merampungkan beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) di

Editor: Diah Anggraeni
HO/PLN
PLN UIP Kalbagtim berhasil merampungkan beberapa Proyek Strategis Nasional di wilayah kerjanya yang mencapai Rp 641 M sepanjang tahun 2021. 

TRIBUNKALTIM.CO - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP Kalbagtim) berhasil merampungkan beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) di wilayah kerjanya, yaitu Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan yang mencapai Rp 641 M sepanjang 2021.

Terdiri dari penyelesaian tiga tranmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV sepanjang 17,8 kilo meter sirkit (kms), empat proyek gardu induk (GI) 150kV dengan total kapasitas 240 MVA, dan satu unit pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dengan kapasitas 3 MW.

Penyelesaian proyek-proyek ini akan memperkuat keandalan pasokan listrik di wilayah tersebut dan mendukung perkuatan sistem interkoneksi Kaltim–Kalsel.

Baca juga: Bentuk Tanggung Jawab dan Program Sosial, TJSL PLN UIP Kalbagtim Tembus Rp 1,14 Miliar selama 2021

General Manager PLN UIP Kalbagtim, Muhammad Ramadhansyah menjelaskan meski dalam kondisi pandemi, PLN tetap melakukan pembangunan ketenagalistrikan demi pasokan listrik yang andal bagi pelanggan.

Infrastruktur kelistrikan ini menjadi modal utama untuk pemulihan ekonomi nasional dan pengembangan pembangunan daerah khususnya di Kalimantan.

"Permasalahan yang dihadapi tiap proyek khususnya dalam masa pandemi cukup kompleks, namun PLN terus berkomitmen dalam penyelesaiannya sehingga pembangunan ini dapat terlaksana dengan baik," ujar Ramadhansyah.

Seluruh proyek ini memiliki empat tujuan utama yang selaras dengan tujuan PLN secara korporat, yaitu meningkatkan suplai listrik ke masyarakat, peningkatan keandalan sistem kelistrikan, menjadi pendorong penggerak roda perekonomian masyarakat, pembangunan dan industri, serta penurunan biaya pokok penyediaan (BPP) tenaga listrik.

Di mana tujuan tersebut selaras untuk mewujudkan visi perusahaan, yaitu menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara dan #1 pilihan pelanggan untuk Solusi Energi.

Baca juga: Wedang Dayak Binaan PLN UIP Kalbagtim Juara 1 Pameran AKI, Wakili Kaltim di Pentas Nasional

Ramadhansyah menjelaskan, tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembangunan harus dihadapi PLN. Utamanya adalah keberadaan lokasi infrastruktur ketenagalistrikan yang wilayahnya beragam kondisi.

Seperti kontur tanah yang berbeda di tiap proyek sehingga diharuskan memiliki kajian yang kuat untuk pelaksanaan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di daerah masing-masing.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved