Tingkatkan Layanan Pelanggan, PLN UIW Kaltimra Implementasikan Yantek Optimization

PLN terus bertransformasi dalam meningkatkan pelayanan pelanggan dengan meluncurkan Yantek Optimization.

Editor: Diah Anggraeni
HO/PLN UIW Kaltimra
General Manager PLN UIW Kaltimra, Saleh Siswanto saat menghadiri Yantek Optimization di PLN ULP Petung, Selasa (25/1/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - PLN terus bertransformasi dalam meningkatkan pelayanan pelanggan dengan meluncurkan Yantek Optimization.

Yantek Optimization sendiri merupakan optimasi Pelayanan Teknik yang terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile.

Fasilitas ini akan memudahkan pelanggan mendapat layanan perbaikan ketika mengalami gangguan listrik.

Baca juga: Makin Mudah dan Cepat, Pengaduan Layanan Kelistrikan lewat PLN Mobile

General Manager PLN UIW Kaltimra, Saleh Siswanto menyatakan, program ini merupakan transformasi dasar yang dilakukan PLN untuk meningkatkan pelayanan ke pelanggan.

Transformasi tersebut bukan hanya sekadar aplikasi tetapi juga mengubah perilaku petugas layanan teknik yang bertugas di lapangan.

"Yantek Optimization bukan hanya sekedar perubahan aplikasi tapi juga untuk mengubah perilaku petugas pelayanan teknik yang bertugas. Tujuan utamanya adalah bagaimana kita meningkatkan kepuasan pelanggan atas layanan PLN," kata Saleh saat menghadiri sosialisasi Yantek Optimization di PLN ULP Petung, Selasa (25/1/2022).

Pelayanan teknik merupakan layanan dasar PLN yang  dibutuhkan pelanggan 24 jam penuh.

Melalui Yantek Optimization, pelanggan dapat mengetahui proses pengaduannya ditanggapi hingga diselesaikan layaknya layanan aplikasi transportasi online.

"Pelanggan menjadi lebih mudah memonitor proses pengaduan. Seperti kita pesan transportasi online, melalui PLN Mobile, lokasi petugas sampai mana bisa kita lihat," tutur Saleh.

Baca juga: PLN Bangun SUTT 150 kV Gardu Induk Maloy - Kobexindo

Dengan begitu, Yantek Optimization akan menuntut petugas layanan teknik untuk merespons cepat pengaduan gangguan kelistrikan dan mengerjakannya sesuai dengan prosedur.

"Petugas harus disiplin tepat waktu. Tujuannya agar pelanggan dilayani secara lebih cepat atas pengaduannya," imbuhnya.

Saat ini pelanggan dengan mudah bisa menyampaikan keluhan lewat PLN Mobile yang secara sistem akan diteruskan ke Yantek Mobile dan dimonitor Virtual Comand Center.

Melalui Yantek Optimization, PLN siap mewujudkan pelayanan pelanggan yang cepat, andal, akurat, dan efektif efisien.

Baca juga: PLN UIW Kaltimra Gencarkan Electrifying Lifestyle untuk Alihkan Sumber Energi di Masyarakat

Pelanggan hanya perlu mengunduh PLN Mobile dan bisa memonitor proses penanganan atas keluhan kelistrikan yang disampaikan.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved