Berita Kubar Terkini

Kasus Dugaan Korupsi di BPBD Kutai Barat Masuk ke Tahap Persidangan Pengadilan Tipikor

Kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) di lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kutai Barat

Penulis: Zainul | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Kepala Kejaksaan Negeri Kutai Barat, Bayu Pramesti (tengah) didampingi oleh Kasi Intel, Ricki Panggabean (kanan) dan Kasi Pidsus, Iswan Noor (kiri) saat memberikan keterangan pers terkait lanjutan kasus korupsi dilingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Barat. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) di lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kutai Barat ( BPBD Kubar ) saat ini sudah memasuki tahap persidangan di Pengadilan Negeri Tipikor Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Tahapan persidangan itu dilakukam setelah tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kutai Barat menyerahkan berkas hasil penyidikan para tersangka kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk disidangkan beberapa waktu lalu. 

Kepala Kejaksaan Negeri Kutai Barat, Bayu Pramesti, mengatakan berkas penyidikan para tersangka itu tekah diserahkan ke tahap 2 persidangan. 

Setelah beberapa waktu lalu kita serahkan tersangka, berkas dan barang bukti ke penuntut umum.

Baca juga: Kejari Kubar Tetapkan 2 Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Seragam Sekolah di Kutai Barat

Baca juga: Berkas Barang Bukti dan 2 Tersangka Kasus Korupsi BPBD Kubar Diserahkan ke Kejari

Baca juga: Soal Kasus Dugaan Penyelewengan Dana Hibah KPU Mahulu, Kejari Kubar Sudah Minta Keterangan Ahli

"Kasus tersebut sekarang sudah disidangkan di Pengadilan Tipikor Samarinda," katanya saat dikonfirmasi TribunKaltim.co pada Rabu (9/2/2022).

Bayu menjelaskan proses kasus Tipikor tersebut masih terus berjalan dan saat ini memasuki tahap eksepsi.

Yakni penolakan atau keberatan yang disampaikan terdakwa atas nama Jenton dan Adriani.

Keduanya terbukti melakukan tindak pidana korupsi berdasarkan bukti penyelidikan dan penyidikan yang telah dilakukan pihak penyidik Kejari Kubar.

"Keduanya saat ini sudah menjalani persidangan, baru sampai tahap eksepsi. Pastinya akan kita pantau terus perjalanan sidang ini," jelasnya.

Baca juga: Geledah Kantor Disdikbud Kutai Barat, Kejari Kubar Amankan Sejumlah Dokumen Terkait Dugaan Korupsi

Diketahui sebelumnya, Jenton dan Adriani telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejari Kubar terkait kasus dugaan korupsi yang terjadi di BPBD Kubar pada tahun 2021 lalu.

Dan selama proses penyidikan, tim penyidik juga berhasil memulihkan keuangan negara sekitar Rp 302 juta.

Dari kasus dugaan korupsi Program Penanganan dan Pencegahan Kebakaran dalam kegiatan pembuatan, pemasangan dan sosialisasi papan rambu-rambu pencegahan yang berasal dari Dana Bagi Hasil-Dana Reboisasi (DBH-DR) tahun anggaran 2019 di BPBD Kubar. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved