Berita Kubar Terkini

Layanan BPJS Kesehatan Kini Makin Mudah, Warga Kubar Diimbau untuk Gunakan Aplikasi Mobile JKN

Program pelayanan pasien BPJS Kesehatan di seluruh pusat layanan kesehatan saat ini, semakin mudah dan lebih transparan berkat inovasi yang terus-mene

TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI
Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Kutai Barat, Herman Prayudi mengimbau masyarakat khususnya para peserta BPJS Kesehatan agar mengunduh aplikasi mobile JKN untuk memudahkan pelayanan kesehatan. TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Program pelayanan pasien BPJS Kesehatan di seluruh pusat layanan kesehatan saat ini, semakin mudah dan lebih transparan berkat inovasi yang terus-menerus dilakukan oleh pihak BPJS Kesehatan

Salah satu inovasi yang dilakukan adalah meluncurkan aplikasi mobile JKN yang di dalamnya sudah dilengkapi berbagai fitur layanan kesehatan bagi masyarakat yang terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Bahkan Kepala BPJS Kesehatan Kutai Barat, Herman Prayudi mengatakan, dengan adanya aplikasi JKN tersebut, peserta BPJS Kesehatan saat ini tidak perlu lagi repot-repot membawa kartu tanda peserta BPJS Kesehatan saat ingin berobat di rumah sakit atau di Puskesmas, melainkan hanya cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja sudah bisa dilayani.

"Ini sudah secara nasional dan berlaku juga di Kabupaten Kutai Barat. Jadi dengan KTP, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas, dokter praktek perorangan maupun klinik yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan," kata Herman Prayudi, Jumat (18/2/2022).

Herman menjelaskan, selain dengan menggunakan KTP, masyarakat juga bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN yang bisa diunduh pada smartphone.

Baca juga: Pelayanan BPJS Kesehatan di Kutim, Bisa Diakses Pakai NIK KTP

Baca juga: Cara Mudah Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan dari HP Menggunakan Aplikasi WhatsApp

Di mana melalui aplikasi ini juga sebagai salah satu cara dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang sekarang mulai mengalami peningkatan kasus.

"Sekarang mulai kembali terjadi peningkatan kasus Covid-19. Untuk itu, kita mengimbau kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan aplikasi Mobile JKN ini," jelasnya. 

"Agar membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran kasus Covid-19 juga. Karena lewat aplikasi ini, tidak lagi harus berdesak-desakan atau berkerumun untuk mendaftar saat ingin berobat," tuturnya.

Untuk di wilayah Kabupaten Kutai Barat, aplikasi Mobile JKN ini juga sudah banyak bekerja sama dengan fasilitas pelayanan kesehatan, seperti dengan Rumah Sakit (RS) Harapan Insan Sendawar (HIS) dan RS Santa Familia.

Dan di dalam fitur mobile JKN ini pula terdapat berbagai kemudahan, seperti pendaftaran pemeriksaan (antrian online), konsultasi kesehatan, pengecekan ketersediaan ruangan serta skrining kesehatan dan masih banyak lagi.

Baca juga: BPJS Kesehatan Bagi Warga Ekonomi Lemah di Samarinda, Pemkot Tanggung Biaya Iuran

"Jadi tidak hanya di RS, dokter perorangan dan klinik yang ada di Kubar juga sudah ada beberapa yang bekerja sama. Sehingga masyarakat mempunyai banyak pilihan, kalau untuk Puskesmas di Kubar, sudah hampir seluruhnya terdata di Mobile JKN tersebut," bebernya.

Dengan sudah terkoneksinya fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Kubar ini di Mobile JKN dan telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Diharapkan pula ke depannya terjadi peningkatan pelayanan di beberapa fasilitas pelayanan kesehatan tersebut.

Sehingga bisa memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat Kubar yang saat ini sudah tertangani seluruhnya dalam JKN.

"Biarpun Kubar ini posisinya bisa dikatakan paling ujung, tapi untuk pelayanan kesehatannya tidak kalah seperti di kota besar. Kalau dulu hanya beberapa fasilitas pelayanan kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, sekarang sudah banyak pilihannya.

Baca juga: Walikota Andi Harun Serahkan 1.500 Kartu BPJS Kesehatan untuk Warga Samarinda Utara

Jadi masyarakat tidak lagi harus mengeluarkan banyak biaya untuk berobat di luar daerah, khususnya dari segi transportasi," ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved