Berita Paser Terkini

Gempa Bumi Guncang Empat Kecamatan di Paser, Netizen Tanggapi dengan Candaan

Badan Meteorology Klimatologi dan Geofisika (BMKG) secara resmi, merilis terjadinya gempa bumi di wilayah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Badan Meteorology Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang merilis pusat terjadinya gempa, yang berpusat di darat 46 Km Barat Laut Kabupaten Paser, Selasa (1/2/2022).TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO,TANA PASER- Badan Meteorology Klimatologi dan Geofisika (BMKG) secara resmi, merilis terjadinya gempa bumi di wilayah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser mencatat, terdapat 4 Kecamatan di Paser mengalami gempa bumi hari ini, Selasa (1/2/2022).

Pengelola Pusat Data Laporan Operasional pada BPBD Paser, Hendry Than mengatakan gempa di Kabupaten Paser terjadi pada pukul 15:16 WITA.

"Informasi yang kami himpun ada 4 kecamatan yang merasakan gempa yaitu Kecamatan Batu sopang, Kecamatan Pasir belengkong, Kecamatan Muara Komam dan Tanah Grogot," kata Hendry.

Dijelaskan, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi yang mengguncang 4 kecamatan tersebut memiliki parameter 4.5 magnitudo.

Baca juga: Info BMKG: Gempa Hari Ini Guncang Paser Kaltim, Bukti IKN Nusantara Tak Benar-benar Aman dari Gempa?

Baca juga: Gempa Bumi Sebenarnya Bisa Diprediksi oleh Manusia atau Tidak? Inilah Hasil Percobaan Para Ilmuwan

Baca juga: 3 Fenomena Pascagempa M 6,1 Guncang Pasaman Barat, Muncul Semburan Lumpur hingga Longsoran Tanah

Episenter gempa terjadi pada koordinat 1.94 LS dan 115.81 BT, tepatnya pusat gempa berada di darat 46 Km Barat Laut Kabupaten Paser.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal," sebut Hendry mengutip keterangan resmi BMKG Balikpapan.

Lebih lanjut dikatakan, berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kabupaten Paser dengan intensitas II-III MMI.

Dengan artian, getaran dirasakan nyata di dalam rumah, yang getarannya terasa seakan-akan ada truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut," tambah Hendry.

Dari pantauan TribunKaltim.Co di grup sosial media Facebook khusus Paser, sebagian masyarakat membenarkan bahwa merasakan adanya getaran yang ditumbulkan akibat dari gempa bumi tersebut.

"Iya Batu Kajang Gempa terasa betul getarannya, atap rumah bergetar," tulis pemilik akun Subeeda.

Namun tak sedikit masyarakat yang menganggap hal itu sebagai guyonan atau candaan, karena benar-benar tidak merasakan adanya getaran.

Baca juga: Terungkap Kenapa Hewan Bisa Memprediksi Gempa Bumi, Ternyata Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah

"Temanku bilang gempa, tapi aku gak merasakan, kami tidak berdebat dan tetap menjaga pertemanan," tulis akun milik Eko Budi Santoso.

Ada juga warganet yang menyebutkan bahwa gempa tersebut hanya buatan semata.

"Gempa buatan paling, biasanya ada kegiatan di tambang batu bara," cuit Fathan Yusuf.

Bahkan ada juga netizen yang mengaitkan gempabumi tersebut akibat dari kelangkaan minyak goreng saat ini.

"Iya gempa, karena emak-emak berlarian kejar minyak goreng," tulis Iis Chuexabiz. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved