Berita Kaltim Terkini

Info BMKG: Gempa Hari Ini Guncang Paser Kaltim, Bukti IKN Nusantara Tak Benar-benar Aman dari Gempa?

Info BMKG terkini, gempa hari ini 1 Maret 2022 mengguncang wilayah Kabupaten Paser Kaltim, provinsi lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Editor: Doan Pardede
Capture Twitter @infoBMKG
Info BMKG terkini, gempa hari ini 1 Maret 2022 mengguncang wilayah Kabupaten Paser Kaltim, provinsi lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

TRIBUNKALTIM.CO - Info BMKG terkini, gempa hari ini 1 Maret 2022 mengguncang wilayah Kabupaten Paser Kaltim, provinsi lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Berdasarkan info BMKG di akun Twitter resminya @infoBMKG, pusat gempa Paser ada darat 45 Kilometer arah Barat Laut Paser.

Gempa Paser hari ini cukup kuat, yakni memiliki magnitudo 4,5.

Getaran gempa ini terasa hingga I dan II MMI di Paser 

Baca juga: Gempa Bumi Sebenarnya Bisa Diprediksi oleh Manusia atau Tidak? Inilah Hasil Percobaan Para Ilmuwan

Baca juga: Kejadian Aneh Usai Gempa Terkini Pasaman Barat Sumbar, Tanah Tiba-tiba Bergerak Mirip Likuefaksi

Baca juga: 3 Fenomena Pascagempa M 6,1 Guncang Pasaman Barat, Muncul Semburan Lumpur hingga Longsoran Tanah

"#Gempa Mag:4.5, 01-Mar-22 14:16:30 WIB, Lok:1.94 LS, 115.81 BT (Pusat gempa berada di darat 46 Km Barat Laut Paser), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) II-III Paser #BMKG," kata @infoBMKG.

Benar-benar aman dari gempa dan tsunami?

Terkait potensi gempa dan tsunami di Ibu Kota Negara (IKN) sudah pernah dibahas secara mendalam oleh BMKG bulan Septembe 2021 lalu. 

Saat itu, Presiden Joko Widodo memastikan bahwa proyek pembangunan ibu kota negara baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur akan terus berjalan.

Melansir Kompas.com, Jokowi menyampaikan hal itu saat bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (8/9/2021).

"Disampaikan oleh Bapak Presiden terkait dengan pembangunan ibu kota baru yang perencanaanya akan terus dilaksanakan," kata Menko Airlangga usai pertemuan, seperti dilansirr Intisari.grid.id di artikel berjudul Pantas Ditunjuk Jadi Ibu Kota Indonesia yang Baru, Terkuak di Masa Depan Kalimantan Justru Jadi Pulau Teraman di Indonesia.

Airlangga mengatakan, saat ini pemerintah dan DPR tengah menyiapkan undang-undang terkait ibu kota negara baru.

Meski rencana proyek tersebut dipastikan terus berjalan, kata Airlangga, pemindahan ibu kota butuh waktu yang tidak sebentar.

"Pengembangan ini akan dilakukan dalam 15 tahun sampai 20 tahun ke depan," ujarnya.

Baca juga: Ibu Kota Negara Pindah, Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Bangun Pariwisata Nasional di Kaltim

Terkait pemindahan ibu kota Jakarta ke Pulau Kalimantan, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, mengungkapkan Pulau Kalimantan cukup aman dari gempa dan tsunami.

Foto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden. Konsep desain Istana Negara yang disayembarakan. Kawasan Ibu Kota Negara yang baru berada di Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.
Foto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden. Konsep desain Istana Negara yang disayembarakan. Kawasan Ibu Kota Negara yang baru berada di Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. (HO/YouTube Sekretariat Presiden)
Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved