Kesehatan

10 Manfaat Buah Zuriat bagi Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Penderita Jantung dan Tekanan Darah Tinggi

Buah zuriat atau bisa disebut palem doum, buah doum, dan palem Afrika, merupakan buah yang berasal dari wilayah Afrika Utara

Penulis: Justina | Editor: Justina
voi.id
10 Manfaat Buah Zuriat bagi Kesehatan 

TRIBUNKALTIM. CO - Buah zuriat atau bisa disebut palem doum, buah doum, dan palem Afrika, merupakan buah yang berasal dari wilayah Afrika Utara.

Buah zuriat atau bisa disebut palem doum, buah doum, dan palem Afrika, merupakan buah yang berasal dari wilayah Afrika Utara.

Selain itu, buah zuriat juga tumbuh subur di sepanjang sungai Nil di Mesir dan Sudan.

Namun, buah ini juga banyak dijual di Arab Saudi.

Buah dengan nama latin hyphaene thebaica L ini banyak dicari oleh masyarakat Indonesia karena konon mengandung nutrisi yang banyak dan bermanfaat untuk kesehatan.

Ada tiga jenis buah zuriat yang bisa kita temukan di negara-negara Timur Tengah, yaitu buah zuriat Medina, buah zuriat Mesir, dan buah zuriat Sudan.

Perbedaan ketiga jenis buah zuriat ini terletak pada warnanya. Buah zuriat Medina berwarna coklat tua, sedangkan ciri buah zuriat Mesir dan zuriat Sudan berwarna coklat muda.

Baca juga: 10 Manfaat Buah Rambusa bagi Kesehatan, Bagus untuk Pencernaan dan Sariawan

Kandungan buah zuriat

Buah zuriat memiliki rasa dan aroma yang khas, seperti roti jahe atau sedikit mirip dengan gula merah.

Di dalam buah zuriat terdapat karbohidrat dan serat dalam jumlah yang cukup banyak.

Selain itu tentunya juga terdapat vitamin dan mineral dalam buah zuriat, seperti vitamin B kompleks (vitamin B1, B2, B3, B6, B9 dan B12), kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Buah zuriat juga mengandung senyawa fenolik dan flavonoid dalam jumlah besar, yaitu senyawa yang berperan sebagai antioksidan dan antibakteri yang signifikan.

Tidak hanya itu, pohon palem Afrika juga merupakan sumber asam amino esensial seperti fenilalanin, leusin, valin, dan isoleusin.

Kandungan asam amino paling banyak terdapat pada daging buah.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved