Ibu Kota Negara

Dampak Pemindahan IKN ke Kaltim Atas Kearifan Lokal Penajam Paser Utara

Soal dampak budaya atas perpindahan Ibu Kota Negara ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Ketua DPRD Penajam Paser Utara,

Penulis: Nita Rahayu | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO
ILUSTRASI Ciri khas masyarakat lokal Kalimantan Timur. Ketua DPRD PPU, sudah memasukkan segmen kearifan lokal, sudah berulangkali menyampaikan hal itu ke Bapennas maupun melalui diskusi-diskusi dengan pejabat yang ada datang ke Penajam. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Soal dampak budaya atas perpindahan Ibu Kota Negara ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Ketua DPRD Penajam Paser Utara, Jhon Kenedi angkat bicara, Sabtu (23/4/2022) malam. 

Dia menjelaskan, untuk mempertahankan kearifan lokal, seperti adat dan budaya, hal ini telah masuk perencanaan pemerintah pusat.

Misalnya, kata Jhon, tari-tarian dan ornamen semua telah masuk dalam draft pembangunan oleh Bappenas.

Aspirasi untuk memasukkan segmen kearifan lokal, sudah berulangkali menyampaikan hal itu ke Bapennas maupun melalui diskusi-diskusi dengan pejabat yang ada datang ke Penajam.

Baca juga: Konsep Pembangunan IKN Diyakini Ketua DPRD Jhon Kenedi, Sejalan dengan Aspirasi Warga PPU

Baca juga: Pemindahan Ibu Kota Negara Keputusan Terbaik untuk Mengoptimalkan Ekonomi di Kalimantan Timur

Baca juga: Selain Percepat Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, PUPR Segera Kerjakan Drainase di Kawasan IKN

"Terutama kearifan lokal dari segi ornamen bangunan dari segala macam itu juga membawa budaya Kaltim," ujarnya kepada TribunKaltim.co.

Jhon menambahkan, dirinya yakin konsep pembangunan IKN ini sudah terkonsep dengan baik, serta sesuai dengan aspirasi masyarakat lokal, terutama masyarakat Penajam Paser Utara.

Kementerian PUPR tengah mempercepat pembangunaan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur,mendukung kebutuhan air baku dan pengendalian banjir di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kamis (21/4/2022).
Kementerian PUPR tengah mempercepat pembangunaan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur,mendukung kebutuhan air baku dan pengendalian banjir di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kamis (21/4/2022). (Dokumentasi Kementerian PUPR)

"Ibu kota negara yang baru ini akan berbeda dengan ibu kota yang lama, dimana pembangunanya tidak akan mengubah kondisi hutan yang ada.

Baca juga: Komunitas Artis Berencana Gelar Doa di IKN Nusantara

"Saya melihatnya sudah terkonsep dengan baik, aspirasi masyarakat Penajam sudah tersampaikan," tegasnya.

"Bahkan sebelum aspirasi kita sampaikan pun sudah direncanakan dengan baik," pungkasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved