Ramadhan

Bupati Paser Launching Gerakan Paser Cinta Zakat, Didistribusikan buat Warga yang Membutuhkan

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli meluncurkan Gerakan Paser Cinta Zakat tahun 1443 Hijriyah, sekaligus menunaikan pembayaran zakat bersama Wakil Bupati Pas

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Bupati Paser dr. Fahmi Fadli bersama Wakil Bupati (Wabup) Paser saat meluncurkan Gerakan Paser Cinta Zakat tahun 1443 Hijriyah, sekaligus menyerahkan zakat pada warga yang membutuhkan, berlangsung di Gedung Awa Mangkuruku, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Selasa (26/4/2022). TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Bupati Paser dr. Fahmi Fadli meluncurkan Gerakan Paser Cinta Zakat tahun 1443 Hijriyah, sekaligus menunaikan pembayaran zakat bersama Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Sekda Paser Katsul Wijaya, Kepala Kemenag Paser Maslekhan, unsur Forkopimda dan pihak lainnya di Awa Mangkuruku, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Selasa (26/4/2022).

Bupati Paser menyampaikan, Gerakan Cinta Zakat merupakan gerakan yang dibentuk oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

"Tujuannya, untuk menghimpun zakat dari seluruh elemen masyarakat dan kemudian dimanfaatkan untuk masyarakat yang membutuhkan," tutur Fahmi Fadli.

Selain itu gerakan tersebut dinilai sudah sesuai dengan Visi-Misi pemerintah kabupaten dalam mewujudkan Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera (MAS).

Baca juga: Jangan Terlambat Bayar Zakat Fitrah, Lengkap Niat Zakat Fitrah Diri Sendiri dan Seluruh Keluarga

"Hal itu sejalan dengan program kita, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengentaskan
kemiskinan melalui zakat produktif, apalagi di tengah wabah Pandemi Covid-19," tambahnya.

Dengan adanya program tersebut, Bupati Paser dalam hal ini sangat mendukung Gerakan Cinta Zakat.

Pendistribusian zakat, lanjut Bupati Paser, merupakan bentuk transparansi dalam pengelolaan zakat dengan mendukung program-program pemerintah daerah dalam menanggulangi kemiskinan.

"Saya sangat mendukung penuh kegiatan Paser Cinta Zakat ini, karena ini merupakan kewajiban kita sebagai umat Muslim. Saya harap, ini bisa diikuti oleh ASN, BUMD, BUMN dan masyarakat," cetus Fahmi.

Selain itu, Ketua Baznas Paser H. Bahtiar Efendi mengatakan, Baznas merupakan lembaga yang memiliki tugas dan wewenang untuk mengelola zakat.

Baca juga: ASN Balikpapan Bayar Zakat Lewat Baznas, Dua Jam Terkumpul Rp 53 Juta

"Hal tersebut sudah sesuai dengan regulasi yang ada. Keberadaan Baznas juga hadir dalam mendukung program pemerintah dalam mewujudkan visi dan misi Paser MAS," jelasnya.

Dia mengemukakan, Baznas Paser juga mengalami perkembangan dengan optimalisasi pengumpulan dana zakat pada bidang profesi.

"Hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) yang tersebar di setiap instansi," ucap Bahtiar. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved