Berita Samarinda Terkini

Pasca Lebaran Idul Fitri, Disdamkar Samarinda Turun Tangan Bersihkan Pasar Tradisional

Dua unit field truck pemadam kebakaran diturunkan ke pasar Induk Segiri, Jalan Pahlawan Kota Samarinda, pada pukul 20.00, Rabu malam (4/5/2022)

TRIBUNKALTIM.CO/HANAVIAN MA'RUF
Petugas Dinas Pemadam Kebakaran kota Samarinda melakukan penyemprotan pembersihan Pasar Segiri Samarinda di H+2 lebaran Idul Fitri. Pemkot Samarinda mulai melakukan pembersihan pasar tradisional pascalebaran untuk mensterilkan kembali lingkungan pasar. TRIBUNKALTIM.CO/HANAVIAN MA'RUF 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Dua unit field truck pemadam kebakaran diturunkan ke pasar Segiri, Jalan Pahlawan Kota Samarinda, pada pukul 20.00, Rabu malam (4/5/2022).

Bukan untuk memadamkan kebakaran, mobil pemadam kebakaran dan beberapa petugas Disdamkar malam itu sedang melakukan pembersihan pasar tradisional pasca lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Seperti yang dilakukan pada tahun lalu, pembersihan lingkungan pasar tradisional di Samarinda ini dimulai pada H+2 lebaran Idul Fitri.

Pasar Segiri menjadi sasaran pertama pembersihan yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan dibantu Disdamkar kota Samarinda yang melakukan penyemprotan sekeliling los-los pedagang dan jalan akses utama pasar.

Kepala UPT Pasar Segiri Samarinda, Fathan menerangkan kegiatan malam ini dilakukan berdasarkan arahan dari walikota Samarinda untuk memulai pembersihan pasar tradisional usai Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga: Volume Sampah Selama Lebaran Idul Fitri di Kota Samarinda Meningkat Hingga 30 Persen

Baca juga: Libur Lebaran Idul Fitri 2022, Pemandian Serayu Lestari Samarinda Diserbu Warga

Baca juga: Kisah Haru WBP Rutan Samarinda, Menangis Dengar Takbir Tanda Idul Fitri, Sedih TerIngat Anak & Istri

"Karena di Pasar Segiri sendiri H-7 lebaran itu sudah mulai padat pengunjung, oleh karena itu kita diperintahkan untuk membersihkan pasar supaya steril lagi setelah lebaran," ujarnya malam itu.

Penyemprotan dan pembersihan pasar meliputi bagian los pedagang mulai dari belakang hingga jalan akses masuk di bagian depan.

Dikarenakan Pasar Segiri ini menjadi pasar induk beragam komoditas pangan, maka pembersihan berkonsentrasi pada sisa-sisa bahan pangan seperti kulit buah, sayuran dan tempat penjual daging.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran kota Samarinda, Hendra AH yang juga turun pada kesempatan itu mengemukakan pembersihan akan dilanjutkan di beberapa pasar tradisional lain yang ada di Samarinda.

"Malam ini kita diminta membantu penyemprotan pembersihan pasar Segiri, kami menurunkan unit untuk melaksanakan kegiatan tersebut," ujar Hendra.

"Yang dibersihkan kios ikan sampai tidak ada lumpur dan sampah berserakan, kemudian malam besok akan kita lanjutkan di pasar Merdeka, menyusul semua pasar akan disterilkan seperti ini," ungkapnya mengakhiri. (*)

Berita Samarinda Terkini

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved