Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Pemkab Kukar Komitmen Fasilitasi Sertifikasi Halal UMK

Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), H Sunggono menghadiri rapat koordinasi (rakor) percepatan sertifikasi halal untuk usaha mikro

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Sekda Kukar Sunggono saat menghadiri rakor sertifikasi halal untuk UMK se-Provinsi Kaltim. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), H Sunggono menghadiri rapat koordinasi (rakor) percepatan sertifikasi halal untuk usaha mikro kecil (UMK) serta penguatan Tim Terpadu Penataan Badan Pengawasan Produk Halal dan Higienis se-Kaltim, di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, pekan tadi.

Acara itu diselenggarakan Biro Kesejahteraan Sekretariat Provinsi Kaltim bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, diikuti 22 peserta Tim Terpadu dan Pengawasan Produk Halal dan Higienis, 34 organisasi perangkat daerah (OPD), dan 64 pelaku UMK se-Kaltim.

Baca juga: Percepat Penyelesaian Laporan Masyarakat, Pemkab Kukar-Ombudsman Bentuk Focal Point

Rakor ditandai penandatanganan komitmen bersama antara kepala daerah se-Kaltim, termasuk Kukar, dalam rangka memfasilitasi sertifikasi halal UMK di Provinsi Kaltim yang disaksikan oleh Gubernur Kaltim Isran Noor dan Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi halal BPJPH Kementerian Agama RI, Dr H Mastuki.

Sekda Sunggono mengatakan, kegiatan itu sangat penting dilaksanakan, terlebih Kaltim sebagai ibu kota negara (IKN) baru.

"Kami mengajak para pelaku UKM maupun UMKM untuk segera mendaftarkan produknya agar mendapat sertifikasi halal, higienis dalam rangka kemajuan usahanya dengan mendatangi tempat yang telah ditentukan, " ajaknya.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor dalam sambutannya mengatakan, rakor itu sangat penting untuk menyatukan persepsi dalam kepengurusan sertifikasi produk halal dan produk higienis, sekaligus untuk mendorong UMK dalam memperoleh sertifikasi, tentunya pemerintah harus hadir.

Baca juga: Serahkan Piala Bergilir MTQ ke Gubernur Kaltim, Wabup Optimistis Kukar Kembali Juara Umum

Melalui BPJPH, telah ada program untuk fasilitasi sertifikasi halal gratis bagi pelaku UMK guna mencapai target 10 juta sertifikasi halal bagi UMK.

Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH Kementerian Agama H Mastuki selaku pembicara dalam rakor menjelaskan, sertifikasi halal ini menjadi kepastian hukum bagi pelaku UMK.

Adanya tata cara, prosedur, mekanisme pembiayaan atau tarif, dan program sertifikasi produk halal, agar masyarakat dan pelaku usaha dapat mengetahui dan mendapatkan sertifikasi.

Beberapa lembaga swasta juga terlibat dalam sertifikasi halal. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved