Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Serahkan Piala Bergilir MTQ ke Gubernur Kaltim, Wabup Optimistis Kukar Kembali Juara Umum

Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar), H Rendi Solihin menyerahkan piala bergilir Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kalimantan Timur (Kaltim)

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Wabup Kukar H Rendi Solihin menyerahkan piala bergilir MTQ Kalimantan Timur kepada Gubernur H Isran Nor pada pembukaan MTQ ke-43 Kaltim di halaman GOR Segiri Samarinda, Senin (23/5/2022) malam. 

TRIBUNKALTIM.CO - Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar), H Rendi Solihin menyerahkan piala bergilir Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kalimantan Timur (Kaltim) kepada Gubernur H Isran Nor pada pembukaan MTQ ke-43 Kaltim di arena utama MTQ halaman GOR Segiri Samarinda, Senin (23/5/2022) malam.

Setelah empat kali berturut-turut piala bergilir Gubernur Kaltim itu dikuasai oleh Kukar sebagai juara umum.

Selanjutnya oleh Gubernur Isran Nor diserahkan kepada Wali Kota Samarinda Andi Harun selaku tuan rumah MTQ ke-43 untuk selanjutnya diperebutkan kembali.

Baca juga: Ditinjau Tim KemenPAN-RB, Mal Pelayanan Publik di Kukar Segera Beroperasi

Ketua Panitia Pelaksana Andi Harun dalam laporannya menyebutkan, MTQ Kaltim diikuti 9 dari 10 kabupaten/kota se-Kaltim yakni Kota Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Paser, Kutai Barat, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Berau.

"MTQ bukan sekadar lomba untuk qori dan qori'ah, hafizh dan hafizah terbaik, akan tetapi sebagai upaya nyata umat Islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Quran sebagai pedoman hidup," ujar Andi Harun.

Gubernur Isran Noor dalam arahannya mengatakan, MTQ ini menjadi ajang mengamalkan perintah hingga bimbingan yang tertera di dalam kitab suci Alquran.

Baca juga: Bupati Beri Penghargaan Penggerak Pertanian, Anggarkan Rp 150 Miliar untuk Tingkatkan Produktivitas

Ia menyebut, tolok ukur kebesaran Islam di Indonesia tentunya didasari pada keinginan untuk menjadi bangsa yang adil sesuai dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia.

"MTQ jangan hanya menjadi ajang memperoleh kejuaraan lomba, namun untuk meraih kejuaraan yang abadi dan hakiki," ujar Isran Noor.

Untuk diketahui, Kukar dengan jumlah kafilah 147 orang akan mengikuti seluruh cabang lomba dalam gelaran MTQ sebagai upaya mempertahankan gelar juara umum kelima kalinya.

"Dengan persiapan yang sudah dilakukan, kami siap berjuang dan tampil memberikan yang terbaik. Saya optimistis kembali meraih juara umum kelima kalinya dan membawa kembali piala bergilir ke Kukar," tegas Wabup Rendi Solihin. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved