Berita Penajam Terkini

Plt Bupati PPU Hamdam Harap Potensi Wisata di Sepaku Bisa Dimaksimalkan Hadapi IKN

Berbagai destinasi wisata di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus dimaksimalkan pengelolaannya

Penulis: Nita Rahayu | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Plt Bupati PPU Hamdam beserta rombongan saat meresmikan Goa Batu Tapak Raja sebagai destinasi wisata baru di IKN beberapa waktu lalu. TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO,PENAJAM- Berbagai destinasi wisata di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus dimaksimalkan pengelolaannya.

Selain agar menjadi daya tarik bagi pengunjung, juga agar memiliki potensi ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Salah satu destinasi wisata terbaru yang bakal dimaksimalkan pengelolaannya, yakni Goa Batu Tapak Raja, yang berada di Desa Wonosari Kecamatan Sepaku.

Potensi destinasi wisata ini selain karena merupakan wisata sejarah, juga karena lokasinya berada di Ibu Kota Negara (IKN) yang tidak begitu jauh dari tugu geodesi IKN.

Pemaksimalan pengelolaan destinasi wisata ini, diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat, yang saat ini tengah ramai-ramainya tertarik berkunjung ke Sepaku, sejak pindahnya IKN.

Baca juga: Berkunjung ke Gua Batu Tapak Raja Sepaku, Destinasi Wisata Bersejarah di IKN

Baca juga: Menhub Cek Proyek KA Makassar-Parepare, akan Difungsikan Juga jadi Kereta Wisata di Sulawesi Selatan

Baca juga: Wisata Kuliner di Balikpapan, Suguhan Es Krim, Sekaligus Belanja Tanaman Hias Bro Cactus

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati PPU Hamdam yang telah meresmikan Goa Batu Tapak Raja sebagai destinasi wisata itu mengatakan, pengelolaan wisata sudah diserahkan sepenuhnya kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wonosari.

Harapannya, berbagai sarana dan prasarana penunjang agar memudahkan pengunjung untuk mendatangi destinasi wisata itu, dapat segera dimaksimalkan.

"Harapan kita, tentunya semua itu harus disupport dengan sarana yang membuat pengunjung lebih nyaman di lokasi wisata ini," ungkapnya Minggu (29/5/2022).

Tidak hanya itu, karena merupakan destinasi wisata bersejarah, maka keaslian dan kealamian tempat harus menjadi atensi pengelolanya.

Hamdam berharap, tidak ada pengunjung yang nantinya merusak di gua Batu Tapak Raja ini.

"Kami sudah diskusikan dengan kepala desa setempat dan pokdarwis agar ke depan keberadaan goa tersebut lebih diperhatikan dan dijaga dengan sebaik-baiknya sehingga tetap menjadi destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi bagi masyarakat lokal maupun luar PPU," terangnya.

Baca juga: Tren Wisata di Balikpapan Meningkat Saat Akhir Pekan

Selain destinasi wisata gua Batu Tapak Raja di IKN, masih banyak lagi destinasi wisata yang menarik, seperti Air Terjun Tembinus, Gunung Parung, Mangrove Mentawir, Bukit Bangkirai dan lainnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved