Berita Kutim Terkini

Antusiasme Peringatan Hari Lahir Pancasila di Rutan Kelas IIB Tanah Grogot

Jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot, ikut berpartisipasi dalam memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2022 secara virtual

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot, saat mengikuti kegiatan Peringatan Hari Lahir Pancasila melalui virtual, Rabu (1/6/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot, ikut berpartisipasi dalam memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2022 secara virtual.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini, dipusatkan di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, Rabu (1/6/2022).

Karutan Kelas IIB Tanah Grogot, Doni Handriansyah menyampaikan meski kegiatan dipusatkan di NTT, pihaknya tetap antusias untuk mengikuti kegiatan.

Walaupun upacara digelar di Kota Ende NTT, namun tidak menyurutkan semangat petugas Rutan Kelas IIB Tanah Grogot untuk tetap mengikutinya secara virtual.

Baca juga: Warga Binaan Rutan Tanah Grogot Padat Jadwal Ramadhan, Gelar Pesantren Kilat

Baca juga: Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan, Jajaran Rutan Tanah Grogot Gelar Tabur Bunga di TMP

Baca juga: Rutan Tanah Grogot dan Binda Kaltim Gencarkan Vaksinasi Booster, Sasar Warga Binaan Pemasyarakatan

"Mengajak masyarakat untuk tetap menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," ajak Doni.

Lebih lanjut dijelaskan, pada momentum tersebut juga digunakan untuk mendoakan para para pahlawan terdahulu, sekaligus pendiri dari lahirnya Pancasila.

"Ini merupakan sejarah bangsa yang harus kita kenang, kami atas nama keluarga besar Rutan Kelas IIB Tanah Grogot mengucapkan selamat Hari Pancasila tahun 2022," tutup Karutan Tanah Grogot.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila ini, mengusung tema Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia.

Presiden RI dalam sambutannya menyampaikan, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 merupakan momentum untuk lebih memperkuat persatuan dan kesatuan di Negara Indonesia.

"Dalam memperkuat persatuan dan kesatuan, salah satunya dengan cara menerapkan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," jelasnya.

Dikatakan, masyarakat Indonesia juga patut bersyukur karena Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan semuanya.

Baca juga: Wujudkan Pelayanan Prima, Rutan Tanah Grogot Luncurkan Inovasi Penerimaan Tahanan Baru Terpadu

Menggerakkan persatuan dalam mengatasi semua tantangan, menggerakkan rasa kepedulian untuk saling berbagi.

Juga memperkokoh persaudaraan dan gotong royong untuk meringankan beban anak negeri.

Dan menumbuhkan daya juang dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang dihadapi.

"Nilai-nilai luhur Pancasila harus kita hadirkan secara nyata dalam kehidupan. Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita," katanya

"Nilai yang bekerja dalam kebijakan pemerintah, nilai yang hidup dan terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia," urainya.

Selain itu, Presiden RI juga mengajak seluruh elemen masyarakat dimanapun berada, untuk terus menerapkan tiap butir nilai-nilai Pancasila.

Serta optimis bahwa bangsa Indonesia tetap menjadi pemenang dalam menghadapi setiap tantangan. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Sumber: Tribun Kaltim
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved