Wagub Kaltim Hadi Mulyadi Tegaskan Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni Masih Berjalan 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bergandengan bersama Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten/Kota terus menarget rehabilitasi rumah tidak layak

HO/TRIBUNKALTIM.CO
Wagub Kaltim Hadi Mulyadi bersama warga Kampung Mului, Desa Swan Slutung, Kecamatan Komam, Kabupaten Paser. Pemprov Kaltim juga mengungkapkan target rumah layak huni terus berjalan hingga tahun 2023. HO/TRIBUNKALTIM.CO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bergandengan bersama Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten/Kota terus menarget rehabilitasi rumah tidak layak huni di Benua Etam.

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi mengungkapkan realisasi tersebut dari data yang diterimanya hingga tahun 2021 dikatakan sudah mencapai 15.049 unit rumah.

Program rehabilitasi rumah juga menggunakan tiga pos anggaran utama, diantaranya APBN, APBD Kaltim, dan APBD Kabupaten/Kota.

"Pelaksanaan rehabilitasi rumah untuk anggaran 2022 melalui APBD Kaltim, ditarget sebanyak 1.057 Unit," kata Hadi Mulyadi, Senin (13/6/2022).

"APBN pada 2022 dialokasikan melalui Satuan kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan sebanyak 1.448 unit," tuturnya.

Baca juga: Wagub Kaltim Hadi Mulyadi Bakal Kunjungi MHA Mului Kabupaten Paser yang Raih Kalpataru 2022

Sepuluh Kabupaten/Kota di Kaltim juga bakal merehabilitasi rumah tidak layak huni sebanyak 1.534 unit rumah.

"Jadi, total pada tahun 2022 ini target rehabilitasi sebanyak 4.039 unit," tukas Hadi Mulyadi.

Di tahun 2023, dilanjutkan Hadi Mulyadi, diprogramkan melalui APBD Kaltim sebanyak 2.047 unit.

Sementara APBN telah diusulkan ke pusat sebanyak 5.000 unit.

"Tahapan pembahasannya saat ini telah masuk pada Musrenbangnas," terang Hadi Mulyadi.

Baca juga: Angka Stunting di Kaltim Berkurang 6 Persen, Hadi Mulyadi: Tiap Tahun Turun 4 Persen

Dari sumber lainnya juga, Pemprov Kaltim akan memanfaatkan program CSR dari perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Benua Etam.

Melalui pendanaan CSR sendiri, Hadi Mulyadi mengaku masih dalam tahap persiapan pelaksanaan yang direncanakan hingga tahun 2023 terealisasi sebanyak 500 unit rumah.

"Jadi akhir tahun 2023 ditarget terealisasi secara keseluruhan sebanyak 25.000 unit rumah," tuturnya.

(Mohammad Fairoussaniy/ADV/Kominfo Kaltim)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved