Otomotif

Ada Potensi Bahaya saat Melewati Jalan Gelap. Inilah yang Harus Diperhatikan Pengendara

Melewati jalan yang pencahayaannya cukup minim alias gelap saat berkendara pada malam hari memiliki potensi bahaya.

Editor: Diah Anggraeni
GridOto.com/Ryan
Ilustrasi mengemudi malam hari. Ada potensi bahaya yang akan dialami pengendara saat melewati jalan gelap. 

TRIBUNKALTIM.CO - Tidak jarang pengendara harus melewati jalan yang pencahayaannya cukup minim alias gelap saat berkendara pada malam hari.

Kondisi jalan yang gelap tentu menjadi tantangan bagi pengendara, mengingat berkendara pada malam hari membutuhkan konsentrasi yang lebih dibandingkan berkendara pada siang hari.

Baca juga: Cuaca Panas Terik, Inilah Deretan Makanan yang Bisa Atasi Dehidrasi saat Berkendara

Instruktur Safety Riding & Driving Global Defensive Driving Consulting (GDDC), Andry Berlianto mengatakan, ada potensi bahaya yang akan dialami pengendara saat melewati jalan gelap.

"Jika berpapasan dengan kendaraan lain, lalu terpapar (cahaya) dan kaget bisa menjadi buta sesaat dan sulit beradaptasi dengan cepat," ujar Andry kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, Andry mengungkapkan ada hal yang harus diperhatikan pengendara agar tetap aman selama melewati jalan gelap.

"Kabin dalam keadaan redup atau kurangi cahaya berlebih di dalam kabin, agar mata tetap bisa menyesuaikan pandangannya dengan kondisi di luar," jelas Andry.

Baca juga: Wajib Tahu! Inilah Pengertian Lengkap Rumus 3 Detik Agar Tetap Aman Berkendara di Jalan Tol

Hal tersebut perlu diperhatikan karena mata membutuhkan beberapa saat untuk beradaptasi dalam kondisi gelap.

Sehingga dengan mengurangi intensitas cahaya di dalam kabin dapat membantu proses penyesuaian cahaya dari luar.

Selain itu, ia juga menyarankan agar pengendara tidak panik atau memacu kendaraan saat melintas di jalan gelap.

"Fokus berkendara dalam kecepatan normal dan ikuti marka jalan yang tersorot oleh lampu, hindari kecepatan berlebih," ucapnya.

Baca juga: Inilah Etika Berkendara saat Lampu Lalu Lintas Baru Hijau, Jangan Asal Bunyikan Klakson

Terakhir ia memberi catatan, saat ingin berkendara agar selalu menjaga kaca mobil tetap bersih supaya visibilitas pengendara tetap nyaman.

"Jaga kaca kendaraan dalam keadaan bersih agar pandangan tetap dapat terlihat dalam keadaan gelap dan pastikan penerangan kendaraan dalam keadaan baik," tutupnya.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Bisa Bahaya Kalau Ngebut, Ini yang Harus Dilakukan Saat Berkendara di Jalanan Gelap, https://www.gridoto.com/read/223338106/bisa-bahaya-kalau-ngebut-ini-yang-harus-dilakukan-saat-berkendara-di-jalanan-gelap?page=all.

 

Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved