PPDB

PPDB Hari Ketiga di SMPN 5 Penajam, Pendaftar Jalur Zonasi dan Prestasi Sudah Melebihi Kuota

Sejak Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB dibuka, telah ada sebanyak 162 pendaftar yang masuk ke SMPN 5 Penajam Paser Utara (PPU)

Penulis: Nita Rahayu | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/NITA RAHAYU
PPDB online di SMPN 5 Penajam Paser Utara pada hari ketiga, Rabu (22/6/2022). Pendaftar jalur zonasi dan prestasi sudah penuh. TRIBUNKALTIM.CO/NITA RAHAYU 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Sejak Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB dibuka, telah ada sebanyak 162 pendaftar yang masuk ke SMPN 5 Penajam Paser Utara (PPU).

Seperti dikemukakan Kepala SMPN 5 Penajam Yaleswati kepada TribunKaltim.co, Rabu (22/6/2022).

Yaleswati mengungkapkan, pendaftaran dibuka sejak Senin (20/6/2022) kemarin, dan akan berlangsung hingga Jumat (24/6/2022) nanti.

Dalam PPDB tahun ini dijelaskan wanita berkerudung tersebut, bahwa sekolah yang dipimpinnya mendapat kuota sebanyak 192 siswa, untuk enam ruangan kelas.

"Kuota SMPN 5 Penajam Paser Utara tahun ini dari Dinas Pendidikan sebanyak 192, untuk enam kelas, kuota untuk tahun ini terdiri dari jalur prestasi, zonasi, afirmasi dan mutasi," ungkapnya.

Baca juga: PPDB Hari Pertama di Balikpapan, Masih Banyak Orangtua Murid Bingung

Baca juga: Pendaftaran PPDB Online di Balikpapan, Jaringan Internet Sering Gangguan Jadi Kendala

Baca juga: Jadwal PPDB Balikpapan 2022, Ada Jalur Afirmasi, Perpindahan, Prestasi dan Zonasi

Dari 193 kuota tersebut, terbagi untuk jalur prestasi sebanyak 57 kuota, jalur zonasi 96 kuota, kemudian jalur mutasi atau perpindahan sebanyak 10 kuota, dan jalur afirmasi sebanyak 29 kuota.

Namun, kata Yaleswati saat ini untuk pendaftaran jalur prestasi dan zonasi telah melebihi kuota, yakni masing-masing 59 dan 100 pendaftar.

"Jadi totalnya 192 posisi, saat ini jalur prestasi sudah melebih dari kuota kalau tidak salah 59 ini hari, kemudian zonasi 100 lebih," ujar Yaleswati.

Meski demikian, para peserta didik baru yang belum sempat melakukan pendaftaran namun kuota sudah penuh maka bakal mendaftar di sekolah lain, yang kuotanya belum terpenuhi.

"Otomatis kuota akan berkurang, zonasi bahkan sudah overload, tetapi yang tinggal di sini melebihi kuota zonasi kita otomatis akan terbuang, akan pindah ke pilihan kedua," tuturnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved