Berita Pemkab Mahakam Ulu

Pemkab Dampingi Jemaah Haji Asal Mahulu ke Embarkasi Balikpapan

Pemkab Mahulu turut mendampingi pelepasan Jemaah Haji Tahun 2022 oleh Gubernur Kaltim di Embarkasi Balikpapan, Kamis (23/6/2022).

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Empat orang calon jamaah haji asal Kabupaten Mahakam Ulu diberangkatkan menuju Tanah Suci. Jemaah haji dilepas langsung oleh Gubernur Kaltim Isran Noor di Asrama Haji Batakan, Balikpapan, Kamis (23/6/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh SH yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra drg Agustinus Teguh Santoso, M.Adm.Kes. turut mendampingi dan menghadiri pelepasan Jemaah Haji Tahun 2022 oleh Gubernur Kaltim Dr. H. Isran Noor, Kamis (23/6/2022), di Embarkasi Haji Balikpapan.

Total jemaah kloter II yang dilepas oleh Gubernur Isran sebanyak 1.148 orang. Mereka berasal dari Balikpapan, Kutai Barat, Bontang, Berau dan Mahakam Ulu.

Baca juga: Mahulu Siapkan Produk Pertanian Terbaik untuk IKN

Provinsi Kaltim mendapat kuota sebanyak 1.148 orang yang tersebar di 10 kabupaten dan kota di Kaltim, di mana kuota paling banyak dimiliki Samarinda.

Sementara paling sedikit dari Mahakam Ulu dan tahun 2022 bisa berangkat 4 orang.

Pada kesempatan itu, Gubernur mengingatkan jemaah untuk menjaga kesehatan jangan sampai dehidrasi selama berada di Arab Saudi, mengingat cuaca panas ekstrem yang memicu dehidrasi.

"Perbanyak minum air mineral, jangan terburu-terburu dalam pelaksanaan ibadah dan berdoa agar ibadahnya dimudahkan Allah. Yang terpenting ikuti syariat dalam pelaksanaan haji,” pesan Gubernur Isran.

Baca juga: Perjuangkan 29 Kampung Dialiri Listrik, Wabup Hadiri Rapat dengan DPD RI, Kementerian ESDM dan PLN

Mengenai jumlah jemaah, Kepala Kanwil Kemenag Kaltim Masrawan melaporkan, Embarkasi Balikpapan tahun ini akan memberangkatkan jemaah haji dari empat provinsi, yakni Kalimantan Timur 1.148 orang (3 kloter khusus dan 3 kloter gabungan), Kalimantan Utara 190 orang (1 kloter gabung Kaltim), Sulawesi Tengah 901 orang (2 kloter khusus dan 1 gabungan) dan Sulawesi Utara 360 orang (1 kloter gabungan 30 orang).

"Jemaah haji yang siap diberangkatkan 2.596 orang ditambah petugas 32 orang, total 2.629 orang terbagi 8 kloter," terangnya.

Sementara itu, saat dijumpai usai menghadiri pelepasan tersebut, Asisten I drg Agustinus Teguh Santoso menyatakan sangat bersyukur tahun ini Mahulu bisa memiliki kuota haji meskipun yang berkesempatan berangkat hanya 4 orang.

"Semoga ini merupakan awal yang baik, dan sangat diharapkan para jemaah haji asal Kabupaten Mahulu bisa beribadah dengan baik tetap sehat mulai dari keberangkatan hingga kembali lagi nanti, menjadi haji yang mabrur," ujarnya.

Baca juga: Bupati Mahulu Serahkan Alsintan kepada Poktan Dukung Peningkatan Hasil Panen & Perekonomian Daerah

Selain itu, menurut Asisten I, Pemkab Mahulu sangat mendukung pelayanan haji ini.

"Kita bersyukur tahun ini, ibadah haji sudah mulai dibuka walaupun tetap dengan pembatasan. Semoga ke depan bisa seratus persen lagi sehingga jemaah haji asal Mahulu, bisa ikut serta sesuai kuota yang ada,"katanya. Asisten I drg Agustinus juga berpesan agar para jemaah menjaga kesehatan dan ketat dalam melakukan protokol kesehatan.

Pelepasan jemaah kloter 2 di Aula Jabal Nur Embarkasi Bàlikpapan ditandai dengan penyerahan living cost dan pengalungan sorban kepada petugas dan jemaah haji, serta foto bersama. Dalam Turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Mahakam Ulu Longginus, S.S. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved