Berita Samarinda Terkini

Tiga Orang Terpilih Calon Rektor Unmul dalam Rapat Senat

Tahapan Pemilihan Bakal Calon Rektor Universitas Mulawarman selesai digelar setelah pada agenda hari ini, Selasa (28/6/2022).

TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Rapat senat terbuka penjaringan Calon Rektor Universitas Mulawarman (Unmul), Selasa (28/6/2022) digelar di Lantai IV Rektorat. TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Tahapan Pemilihan Bakal Calon Rektor Universitas Mulawarman selesai digelar setelah pada agenda hari ini, Selasa (28/6/2022).

Sidang Senat Penyampaian visi Misi Bacalon Rektor Unmul dipimpin Sekretaris Senat Unmul dr Nathaniel Tandirongang ditemani langsung oleh Ketua Tim Panitia Penjaringan, Penyaringan dan Pemilihan Rektor Unmul Periode 2022-2026 Dr. Azainil berlangsung menjadi dua sesi.

Sesi rapat senat terbuka dan tertutup ini memiliki agenda berbeda.

Di mana saat rapat terbuka 5 bacalon rektor Unmul memaparkan visi-misi dan program kerja jika terpilih sebagai Rektor Rabu (28/6/2022) di Rektorat Unmul Lantai 4. 

Rektor Unmul Prof Masjaya, anggota senat, perwakilan mahasiswa, Plt Asisten II Sekprov Kaltim Prof Aswin, Kapolres Samarinda Kombes Pol Ary Fadli, Komandan Korem 091/ASN Kolonel Inf Dendi Suryadi juga tampak hadir.

Baca juga: PP IKA Unmul Dukung Abdunnur Jadi Rektor Unmul Periode 2022-2027

dr Nathaniel Tandirongang saat ditemui usai rapat senat menyampaikan bahwa dari 86 anggota senat telah bermusyawarah mufakat untuk melakukan voting mencari calon rektor.

"Hasil rapat senat dihadiri 86 anggota, disepakati musyawarah mufakat untuk calon (rektor) melalui voting," terangnya, Selasa (28/6/2022).

Dibeberkan dr Nathaniel, 3 calon rektor telah terpilih dalam rapat senat tertutup dari 5 bacalon rektor Unmul melalui voting.

Sesuai nomor urut Bacalon Rektor Unmul, dr Nathaniel membacakan hasil voting.

Prof. Susilo mendapatkan 2 suara (2,3 persen), Dr. Irwan Gani 11 suara (12,8 persen), Dr. Eng. Idris Mandang 20 suara (23,3 persen), Prof. Bohari Yusuf 26 suara (30,2 persen) dan terakhir Dr. Abdunnur 27 suara (31,4 persen)

Dari perolehan suara, 3 calon rektor Unmul yakni Dr. Abdunnur, Prof. Bohari Yusuf dan Dr. Eng. Idris Mandang terpilih untuk nantinya diajukan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek).

"Bakal calon yang menerima suara terbanyak akan diajukan ke Mendikbudristek. Tiga nama itu yang diusulkan," ujar dr Nathaniel.

Baca juga: Pemilihan Rektor Unmul Samarinda, Berikut Tahapan Penjaringan, Penyaringan dan Pemilihan

Pemilihan rektor sendiri juga bukan lagi ditunjuk oleh Menteri terkait, tetapi ada tahapan pemilihan yang nantinya bakal kembali digelar sidang senat.

Pada 11 Agustus 2022 mendatang Mendikbudristek juga dijadwalkan hadir untuk memberikan suaranya kepada calon rektor Unmul.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved