Berita Kukar Terkini

3.134 RT di Kutai Kartanegara Terima Bantuan Anggaran Program Pembangunan Rp 50 Juta

Sebanyak 3.134 Rukun Tetangga (RT) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menerima anggaran program Rp 50 juta.

HO/TRIBUNKALTIM.CO
Bupati Kukar Edi Damansyah menyerahkan anggaran program Rp 50 juta kepada 3.134 Rukun Tetangga (RT) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Sebanyak 3.134 Rukun Tetangga (RT) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menerima anggaran program Rp 50 juta.

Hal ini merupakan realisasi dari program dedikasi Kukar Idaman, yakni Pembangunan Berbasis Rukun Tetangga (RT) sebesar Rp 50 juta.

Program tersebut direalisasikan berlandaskan Peraturan Bupati (Perbup) Kukar No. 63/2021 tentang Bantuan Keuangan Khusus Kepada Desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kutai Kartanegara (DPMD Kukar), Arianto mengungkapkan, regulasi dan alokasi pendanaan sudah disiapkan.

Bagi 2.336 RT yang berada di desa, proses realisasi program akan melalui Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD) di APB Desa.

Baca juga: Wabup Kukar Rendi Solihin Serahkan Bantuan Keuangan Rp 1,3 Miliar untuk Partai Politik

Sedangkan bagi 798 RT yang berada di wilayah kecamatan, anggarannya dimasukkan di anggaran kecamatan.

Program-program RT ini akan diajukan lebih dulu oleh pihak kelurahan kepada pihak kecamatan setempat.

“Jadi itu bedanya antara RT di Kelurahan dan RT di desa. Bantuan ini bukan langsung dana segar atau tunai melainkan program kegiatan yang diusulkan oleh RT setempat,” kata Arianto, Selasa (28/6/2022) malam.

Pemberian bantuan akan direalisasikan jika perencanaan di setiap RT, baik itu di Kelurahan dan desa sudah siap. Sejauh ini, banyak desa yang sudah mulai mencairkan anggaran tahap pertama.

"Sudah hampir 50-an RT di desa sudah masuk untuk mencairkan di tahap awal. Semuanya tengah berproses," ujarnya.

Arianto menyebutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kukar untuk pencairan tahap pertama.

Setiap RT di desa akan mendapatkan Rp 25 juta terlebih dahulu. Pemkab telah menyiapkan Rp 157 miliar dari APBD Kukar 2022 untuk memuluskan program tersebut.

Baca juga: Beasiswa Kukar Idaman 2022 Dibuka hingga 13 Juli, Ini Link Pendaftaran via Online

"Sudah bisa ditagihkan dengan syarat perlengkapan syarat tercukupi,” jelas Arianto.

Syarat perlengkapan diantaranya APBDes sudah siap, sudah diverifikasi dan ada rekomendasi dari pihak kecamatan lalu dibawa ke BPKAD.

Dalam pencairan tahap pertama ini jika program RT masuk dan ditagihkan oleh desa, maka bisa dilaksanakan kegiatan-kegiatan yang sudah diprogramkan.

"Kalau saya lihat berdasarkan hasil evaluasi kita di DPMD, untuk tahap pertama banyak pengadaan kendaraan operasional RT. Tapi, ada juga pengadaan alat gotong royong, seperti pemotong rumput," ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved