Idul Adha

Kendati Gerimis Turun, Warga Berau Tetap Bertahan Salat Idul Adha di Masjid Agung Baitul Hikmah

Masjid Agung Baitul Hikmah di Berau,masih menjadi masjid utama yang selalu dipenuhi masyarakat Berau saat Idulfitri maupun Iduladha.

TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Suasana Salat Idul Adha di Masjid Agung Baitul Hikmah yang dipadati warga muslim Berau. TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Masjid Agung Baitul Hikmah di Berau masih menjadi masjid utama yang selalu dipenuhi masyarakat Berau saat Idul Fitri maupun Idul Adha.

Masyarakat Berau melaksanakan salat berjamaah, memenuhi area masjid.

Bahkan banyak masyarakat yang berada di luar bangunan masjid. Cuaca mendung dan gerimis kecil tidak menghalangi niat masyarakat untuk beribadah.

Imam pelaksanaan salat berjemaah Iduladha Tahun 1443 H/ 2022, H. Slamet menjelaskan tahun ini wilayah masjid agung jauh lebih ramai dibanding sebelumnya. Lantaran tentu saja hal itu disebabkan kondisi pandemi Covid-19.

Namun di tahun ini jauh sangat berbeda, dan suasana jauh lebih kusyuk.

Baca juga: Jaga Stabilitas Harga Sembako Jelang Idul Adha, Diskoperindag Berau Gelar Pasar Murah

“Tahun lalu pengaruh wabah pandemi Covid-19 masih lebih terasa, sekarang jauh lebih aman, dan menjadi lebih ramai,” jelasnya kepada TribunKaltim.co, Minggu (10/7/2022).

Ia sangat bersyukur dan mengapresiasi masyarakat yang masih bisa ikut melaksanakan salat di tengah cuaca yang mendung dan gerimis.

“Kondisi cuaca yang kurang cerah, tapi masyarakat tetap semangat untuk beribadah,” katanya.

Pelaksanaan salat Idul Adha juga berjalan dengan lancar, para panitia mempersiapkan dengan baik pelaksanaan salat Iduladha, serta penyembelihan hewan kurban juga akan dilaksakan hari ini.

Masjid Agung Baitul Hikmah juga menerima sebanyak 12 hewan ternak sapi dan 8 kambing, di antaranya milik Bupati Berau Sri Juniarsih Mas dan Wakil Bupati Berau, Gamalis.

Sementara itu, salah seorang masyarakat Berau, Mita Hidayanti menikmati momen beribadah dan bertemu lagi dengan Idul Adha di tahun ini.

Baca juga: Warga Ibu Kota Negara Padati Masjid Raya Babul Salam Sepaku untuk Tunaikan Salat Idul Adha

Meskipun dirinya kerap menggunakan masker karena suasana begitu ramai, dan tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

“Kalau di masjid agung ini kan punya kebiasaan datangnya lebih pagi, untuk mendapatkan saf, dan itu seperti tradisi tiap tahunnya. Untungnya pandemi tidak begitu parah,” tuturnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved