Otomotif

Jangan Sekali-kali Pinjam SIM Milik Orang Lain saat Razia Polisi, Ini Loh Sanksi yang Bakal Didapat

Jangan sekali-kali mengelabui petugas kepolisian dengan pinjam surat izin mengemudi milik orang lain saat terkena razia.

Editor: Diah Anggraeni
TribunKaltim.Co/Nevrianto Hardi Prasetyo
Jangan coba-coba mengelabui petugas kepolisian dengan pinjam surat izin mengemudi milik orang lain saat terkena razia. Yuk, simak sanksi yang bakal didapat. 

TRIBUNKALTIM.CO - Jangan sekali-kali mengelabui petugas kepolisian dengan pinjam surat izin mengemudi (SIM) milik orang lain saat terkena razia.

Entah itu milik saudara atau teman, jangan sekalipun mencoba ya!

Baca juga: Perpanjang SIM Online lewat Aplikasi Digital Korlantas Polri, Simak Dokumen-dokumen yang Diperlukan

Hal ini mengingat SIM merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki semua pengendara kendaraan bermotor.

SIM juga menjadi bukti, bahwa pengendara tersebut sudah memenuhi persyaratan untuk mengendarai kendaraan bermotor di jalanan.

"Praktik pinjam meminjam SIM tentu saja tidak diperbolehkan. Akibatnya jika terjaring razia, pengendara bakal kena tilang jika kedapatan membawa SIM yang bukan miliknya sendiri," kata AKBP Sriyanto, Kasi Pelanggaran Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya kepada GridOto.com, Selasa (12/7/2022).

Menurut Sriyanto, SIM adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Baca juga: Selalu Gagal Saat Uji Mengemudi SIM C? Berikut Tips dari Sat Lantas Polresta Samarinda

Aturan mainnya, sanksi lebih berat akan dikenakan untuk pengendara yang tak memiliki SIM yang termaktub dalam Pasal 281 UU LLAJ.

Adapun pasal tersebut berbunyi "Dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp 1.000.000 (satu juta rupiah)".

SIM juga memiliki beberapa fungsi dan peranan penting bagi pengendara, di antaranya, sebagai sarana identifikasi atau alat bukti jati diri seseorang.

Tentu hal ini bisa diartikan, bahwa SIM juga berperan layaknya Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Apabila diartikan secara luas, SIM jadi alat bukti bahwa pengendara sudah berhak berkendara dan memiliki kesehatan jasmani dan rohani.

Baca juga: PERUBAHAN Syarat Usia Minimal untuk Membuat SIM, Cek Ketentuan Umur dan Penggolongan SIM A, B, C, D

Nah, sobat sudah memiliki SIM dong? Kalau belum segera membuat ya untuk kelengkapan berkendara dari pada pinjam punya orang lain.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Jangan Coba-coba Kelabui Polisi dengan Pinjam SIM Milik Orang Lain, Ada Sanksinya Lho, https://www.gridoto.com/read/223371467/jangan-coba-coba-kelabui-polisi-dengan-pinjam-sim-milik-orang-lain-ada-sanksinya-lho?page=all.

 

Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved