Berita Astra Motor Kaltim

Mengapa Perlu Cuci Motor setelah Terabas Hujan? Astra Motor Kaltim 1 Beberkan Alasannya

Ada beberapa dampak buruk yang perlu diketahui oleh pengguna ketika tidak mencuci motornya setelah digunakan untuk hujan-hujanan.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Astra Motor Kaltim 1
Ada beberapa dampak buruk yang perlu diketahui ketika tidak mencuci motor setelah kehujanan, apa saja? Yuk, simak penjelasan dari Astra Motor Kaltim 1 berikut ini. 

TRIBUNKALTIM.CO - Perawatan motor secara rutin penting dilakukan oleh pemilik kendaraan.

Tidak hanya menjaga tampilannya tetap stylish, namun juga agar performanya tetap harus terjaga.

Terlebih lagi ketika musim hujan-hujan seperti ini, perawatan sepeda motor harus dilakukan lebih intensif dibandingkan saat musim kemarau.

Selepas digunakan untuk terabas hujan, sangat direkomendasikan agar motor langsung dicuci.

Baca juga: Yuk! Simak Tips Aman dan Nyaman Dibonceng ala Astra Motor Kaltim 1

Ada beberapa dampak buruk yang perlu diketahui oleh pengguna ketika tidak mencuci motornya setelah digunakan untuk hujan-hujanan.

Hal ini akan berdampak pada kenyamanan dalam berkendara, karena adanya beberapa permasalahan yang akan timbul dan menyebabkan masalah lebih besar sewaktu-waktu.

Lebih jelasnya, langsung simak pembahasan berikut ini.

1. Kampas Rem Bisa Bermasalah

Salah satu bagian yang terbuka dan rawan banget ketika hujan yakni kampas rem. Setelah digunakan untuk hujan-hujanan, besar kemungkinan bagian ini akan menimbun kotoran.

Di mana kalau kotoran tersebut tidak segera dibersihkan, maka bisa menimbulkan decitan ketika roda motor berputar mendatang.

Bukan itu saja, kampas rem juga akan mengalami keausan lebih cepat dibanding biasanya, lantaran gesekan dari kotoran tadi terjadi secara berkelanjutan ketika pengguna memakainya untuk berkendara.

Selain itu, piringan cakram juga akan timbul goresan-goresan lantaran tegesek dengan debu yang masuk ke kampas rem tadi.

2. Panas Mesin Tidak Bisa Dilepaskan Secara Normal

Dampak berikutnya yang akan ditimbulkan ketika setelah dipakai hujan-hujanan dan tidka segera dicuci yakni mesin tidak bisa mengeluarkan panas secara normal.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved