Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Saatnya Membentuk Forum Penyedia Jasa Konstruksi, Bupati Kukar: Bersiap Ambil Bagian Pengerjaan IKN

Bupati Kukar Edi Damansyah menginginkan Forum Penyedia Jasa Konstruksi dijadikan wadah saling berbagi keterlibatan unsur dari penyedia jasa konstruksi

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Edi Damansyah menghadiri sosialisasi dan pembinaan penyedian jasa konstruksi Kabupaten Kukar di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah menginginkan Forum Penyedia Jasa Konstruksi dijadikan wadah saling berbagi keterlibatan unsur dari penyedia jasa konstruksi agar bisa ambil bagian dalam pengerjaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Harus ada forum, karena diamanatkan oleh aturan ada peran pemerintah untuk melakukan pembinaan terkait sisi regulasi peraturan perundang–undangan, maupun dari teknis dan sistem yang digunakan sekarang. Semoga forum ini awal dalam upaya memberikan pembinaan dan bimbingan,” kata bupati pada sosialisasi dan pembinaan pemilik jasa konstruksi Kabupaten Kukar di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Senin (18/7/2022).

Baca juga: Tertibkan Penyaluran BBM Bersubsidi, Bupati Kukar Resmikan Fuel Card

Lebih lanjut, kata Edi, yang utama harus ada perbaikan tata kelola manajemen penyedia jasa yang ada di Kukar agar bisa melaksanakan fungsi dengan baik.

Diharapkannya, Dinas PU Kukar tidak hanya melakukan pendataan penyedia jasa konstruksi, tetapi ada analisis membuka lapangan pekerjaan karena angka pengangguran Kukar cukup tinggi.

Dari sosialisasi itu, Edi minta adanya perubahan mindset jajaran Pemkab Kukar dalam pelayanan jasa sesuai standar operasionaL prosedur (SOP) dan mempunyai daya saing dalam menyambut IKN.

Bupati juga tegaskan agar Dinas PU Kukar membuat lembaga yang bisa mendampingi memberikan pelatihan, kemudian bekerja sama dengan penyedia jasa agar disiapkan SDM untuk bisa dilatih dan semua harus dilakukan karena tuntutan sekarang bekerja dengan keahlian yang luar biasa.

Sementara, Kepala Dinas PU Kukar Wisnu Wardana menyebutkan, tujuan acara adalah agar para pelaku jasa di bidang kontruksi maupun aparatur Pemkab Kukar dapat lebih mengetahui, sekaligus menambah pengetahuan dalam mewujudkan rangkaian proses bekerja konstruksi yang berkualitas baik dari proses awal pekerjaan sampai akhir hingga diserah terimakannya hasil pekerjaan tersebut.

Dinas PU juga melakukan pendataan tenaga kerja se-Kukar yang akan melaksanakan ujian sertifikasi untuk tenaga kerja terampil yakni Kecamatan Samboja sebanyak 102 orang, Tenggarong 87 orang, Sebulu 8 orang, Loa Janan 13 orang, Muara Jawa 204 orang dan jumlah keseluruhan 530 orang.

Baca juga: Kukar Kaya Festival Genjot Ekonomi Masyarakat

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Kaltim A M Fitra Firnanda menyebutkan, forum masyarakat jasa konstruksi merupakan wadah komunikasi seluruh jasa konstruksi yang mana bisa membahas semua isu-isu aktual, terutama paling hangat saat ini mengenai sertifikasi dan pemprov berkewajiban memastikan tertib penyelenggaraan jasa konstruksi bisa diwujudkan setiap kabupaten/kota.

Dipaparkannya, posisi Kaltim saat ini dalam jasa konstruksi dilihat dari PDRB 695 T itu 9 persennya adalah dari jasa konstruksi.

Kaltim punya 99 ribu tenaga kerja konstruksi, yang mana 10 ribu di antaranya tenaga ahli, sisanya sekitar 90 ribuan itu tenaga terampil dan yang bersertifikat untuk tenaga ahli baru 9 ribu, dan untuk tenaga terampil baru 24 ribu.

Maka, diperlukan kerjasama semua pihak untuk mencetak tenaga terampil baru.

Turut hadir dalam acara Sekda H Sunggono, Asisten II Wiyono, Kepala OPD dil ingkungan Pemkab Kukar, Camat 18 Kecamatan dan Asosiasi Penyedia Jasa Konstruksi wilayah Kukar yang diikuti secara virtual. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved