IKN Nusantara

Lambangkan Reformasi Birokrasi, Istana Wapres IKN Nusantara Berkonsep Open Office

Lambangkan Reformasi Birokrasi, Istana Wapres IKN Nusantara berkonsep open office

Penulis: Rafan Arif Dwinanto | Editor: Djohan Nur

TRIBUNKALTIM.CO - Desain bangunan kesekretariatan di Istana Wakil Presiden atau Istana Wapres garapan Huma Betang Umai akan berkonsep kantor terbuka.

Konsep open office untuk bangunan sekretariatan Istana Wapres di Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara ini melambangkan Reformasi Birokrasi.

Tak lupa, ada tribun di lobby sekretariat yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan.

Huma Betang Umai menjadi satu dari dua pemenang desain sayembara Istana Wakil Presiden atau Istana Wapres di IKN Nusantara atau Ibu Kota Nusantara.

Menurut perancang Huma Betang Umai Daliana dan Florian, konsep yang diusung merupakan representasi keramahtamahan yang merupakan kepribadian khas Indonesia.

Sehingga, dibuat tangga monumental dengan taman dan galeri outdoor rekam jejak Wapres dengan funicular untuk akses difabel dan VIP untuk memberikan penghormatan untuk pejalan kaki, serta entrance (pintu masuk) sekretariat di sisi Barat.

Desain ini juga memunculkan kolam reflektif yang menampung air hujan untuk memberikan efek dramatis di sisi utara dan selatan.

Dengan begitu, pintu masuk utama untuk istana dan drop-off (pemberhentian) untuk Wapres dan tamu undangan berada di sisi Timur.

"Kemegahan yang tetap bersahabat adalah pesan yang ingin disampaikan," sambung Daliana dan Florian.

Keduanya berpendapat, aspek keberlanjutan dan sirkuler harus menjadi norma baru di IKN.

"Bahkan, kalau bisa ke arah karbon negatif dan regeneratif untuk memberikan contoh bagi kota-kota lain di dunia," tutur merek.

Atap istana Huma Betang Umai juga dapat mengakomodasi 4.000 buah panel surya 500 watt dengan peak power sebesar 2.000 kilo watt peak (kWP).

Artinya, ini menghasilkan energi 2.800 mega watt hour (mWH) per tahun (dengan data 1.400 kWh/kWp/tahun).

Jadi, dapat menyediakan listrik terbarukan sebesar 125 persen untuk bangunan istana, termasuk bagi rumah dan kantor Wapres.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved