Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Wabup Sampaikan KUA-PPAS 2023 dan Realisasi Semester Pertama APBD, Kembangkan Tiga Fokus Pembangunan

Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin menyampaikan KUA-PPAS 2023 pada Rapat Paripurna DPRD Kukar, Senin (25/7/2022).

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Wabup H Rendi Solihin menyampaikan KUA-PPAS 2023 dan realisasi semester pertama APBD 2022 pada rapat paripurna DPRD Kukar, Senin (25/7/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemkab Kutai Kartanegara melalui Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin menyampaikan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan belanja Daerah (KUA) dan Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2023 pada Rapat Paripurna DPRD Kukar, Senin (25/7/2022).

Dikatakannya, tahun 2023 merupakan tahun kedua bagi Pemkab Kukar dalam merealisasikan RPJMD 2021-2026.

Merujuk hal tersebut, RKPD 2023 memiliki arah pembangunan berdasarkan arahan pembangunan jangka menengah pada tema/fokus di tahun kedua pelaksanaan RPJMD 2021-2026.

Baca juga: Kunjungan Tim Kajian Daerah Setjen Wantannas, Pemkab Perkenalkan Program “Terang Kampongku”

Berkenaan dengan hal itu, lanjut Rendi, tema pembangunan RKPD Kutai Kartanegara pada 2023 mengalami penyesuaian dikarenakan dinamika kondisi aktual yang terjadi sehingga tema tersebut disesuaikan menjadi "Peningkatan infrastruktur dan SDM yang berkualitas untuk mendukung transformasi ekonomi yang inklusif".

Pada tahun 2023, pembangunan Kukar akan diarahkan pada pengembangan dan pemerataan infrastruktur pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia sebagai upaya dalam mendukung terwujudnya transformasi ekonomi yang inklusif dengan tiga fokus pembangunan, yakni penyediaan infrastruktur dan konektivitas wilayah yang berkualitas, perwujudan kualitas tata kelola pemerintahan yang baik dan SDM yang berdaya saing.

Kemudian, H Rendi Solihin menyampaikan Laporan Realisasi Semester Pertama Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Prognosis untuk enam bulan berikutnya tahun anggaran 2022.

Baca juga: Apkasi Otonomi Expo 2022 di Jakarta, Tampilkan Peluang Investasi dan Karya UMKM Kukar

Dikatakannya, semester pertama terdiri atas Laporan Realisasi Anggaran (LRA) sampai dengan semester pertama dan prognosis untuk 6 (enam) bulan berikutnya tahun anggaran 2022.

Kerja sama dan koordinasi Pemkab dan DPRD sebagai mitra yang setara dalam penyelenggaraan pembangunan daerah yang terus terpelihara.

Sebagai tindak lanjut dari persetujuan bersama tersebut, dalam waktu paling lambat tiga hari terhitung sejak tanggal persetujuan Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 akan disampaikan kepada Gubernur Kaltim untuk dilakukan evaluasi. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved