Berita Kaltim Terkini

13 Negara Latihan Perang di Indonesia, Kodam VI/Mulawarman Berikan Penjelasan

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo melalui Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Ibnu Bintang menjelaskan, latihan bersama.

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Suasana pembukaan Latma Super Garuda Shield 2022 di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (3/8/2022). TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo melalui Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Ibnu Bintang menjelaskan, latihan bersama ini dinamakan Super Garuda Shield 2022.

"Kegiatan latihan akan dilaksanakan sebenarnya akan dilakukan dari tanggal 1 sampai tanggal 14 nanti," ungkap Brigjen TNI Ibnu, Rabu (3/8/2022) di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Meski melibatkan banyak negara, untuk di wilayah Kodam VI/Mulawarman hanya melibatkan dua negara saja. Yakni Indonesia dan Amerika Serikat.

Latihan perang bersama skala internasional Latma Garuda Shield kembali digelar tahun ini.

Pada kesempatan untuk tahun ini, melibatkan lebih banyak negara.

Baca juga: 5 Pejabat Kodam VI/Mulawarman Berganti, Asisten Operasi hingga Kepala Topografi

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Latma Garuda Shield merupakan latihan perang yang menerjunkan personel angkatan darat dari TNI AD maupun US Army.

Sebagai informasi, Garuda Shield adalah latihan bersama tahunan antara TNI dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM), yang dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama.

Hal tersebut telah dibangun dari pengalaman bersama selama beberapa dekade demi menciptakan komunikasi antar personel dalam suatu operasi.

Sementara tahun ini, sedikitnya ada 13 negara yang berpartisipasi dengan melibatkan satuan angkatan darat masing-masing.

Baca juga: Pangdam Mayjen TNI Tri Budi Utomo Sebut Kaltara Penyangga IKN Nusantara, Perbatasan Harus Aman

Selain Indonesia, negara tersebut di antaranya adalah Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Jepang.

Juga ada Singapura, Inggris, Papua Nugini, Timor Leste, India, Kanada, New Zealand dan Korea Selatan.

Lantaran melibatkan banyak negara, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo melalui Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Ibnu Bintang menjelaskan, latihan bersama ini dinamakan Super Garuda Shield 2022.

"Kegiatan latihan akan dilaksanakan sebenarnya akan dilakukan dari tanggal 1 sampai tanggal 14 nanti," ungkap Brigjen TNI Ibnu.

Baca juga: 7 Macam Tugas Prajurit TNI Perbatasan Indonesia-Malaysia di Mahakam Ulu Kaltim

Meski melibatkan banyak negara, untuk di wilayah Kodam VI/Mulawarman hanya melibatkan dua negara saja. Yakni Indonesia dan Amerika Serikat.

Selebihnya melaksanakan latihan di tempat berbeda di Indonesia. Secara keseluruhan, ada empat lokasi yang menjadi tempat latihan.

latma super garuda 2022
Gubernur Kaltim, Isran Noor tinjau pembukaan Latma Super Garuda Shield 2022 di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (3/8/2022). TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO

Kata Ibnu, disamping wilayah Daerah Latihan Kodam VI Mulawarman di Amborawang, lokasi latihan tersebar di Puslatpur Kodiklatad Baturaja, Dabo Singkep Kepulauan Riau, dan Bandara Sultan Mahmud Baharuddin Palembang.

Ditegaskan oleh Kasdam, pasukan Kodam VI/Mlw yang terlibat dalam Latma ini adalah Yonif 623/BWU dengan menerjukan 306 personel sedangkan dari US Army 173 personel.

"Sedangkan materinya adalah Ops Serangan (Field Trainning Exercise FTX) dan Latihan Menembak Senjata Bantuan (Life Fire Exercise)," pungkasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved