Berita Kukar Terkini

Soal Dugaan Peredaran Sabu Dikendalikan WBP, Begini Respons Pihak Lapas Tenggarong

Lapas Klas IIA Tenggarong belum menerima konfirmasi resmi terkait dugaan keterlibatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam kasus penyalahgunaan nar

HO/TRIBUNKALTIM.CO
Ilustrasi kondisi di dalam Lapas Klas IIA Tenggarong yang dihuni oleh ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Lapas Klas IIA Tenggarong belum menerima konfirmasi resmi terkait dugaan keterlibatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini diungkap oleh jajaran Polres Bontang.

Hal ini disampaikan Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib dan Koordinator Humas Lapas Tenggarong, Halif Shodiqulamin.

Dia mengaku belum ada laporan resmi terkait kasus penyalahgunaan narkoba tersebut juga belum disampaikan pihak Polres Bontang.

Diketahui, salah satu tersangka menyebut jika narkoba yang ia dapat dikendalikan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) asal Lapas Klas IIA Tenggarong.

"Sebelumnya kami sampaikan bahwa sampai dengan hari ini kami belum mendapatkan konfirmasi resmi dari Polres Bontang terkait pengakuan salah satu tersangka dimaksud," ujarnya kepada TribunKaltim.co, Kamis (4/8/2022).

Baca juga: Pesta Sabu di Hotel, Pelaku Narkoba di Bontang Akui Dapat Sabu dari Seorang Napi di Lapas Tenggarong

Diberitakan sebelumnya, baru-baru ini, Satuan Reserse Narkoba (Resnarkoba) Polres Bontang menangkap empat pelaku yang tengah pesta narkoba di salah satu hotel di Kota Bontang.

Penangkapan tersebut dipimpin langsung Kanit Sat Resnarkoba, Bripka Ambo Tang yang berhasil menggagalkan peredaran narkoba berasal dari Kutai Kartanegara (Kukar).

Saat dikonfirmasi, Kapolres Bontang, AKBP Yusep Dwi Prasetya melalui Kasat Resnarkoba, AKP Tatok Tri Haryanto mengungkapkan, usai mendapatkan informasi adanya narkoba dari Kukar yang masuk ke Kota Bontang, pihaknya langsung bergerak melakukan penelusuran.

Setelah dilakukan penelusuran kata AKP Tatok, tim berhasil meringkus tersangka berinisial SU (23) di Loktuan pada Senin (1/8/2022) kemarin, sekira pukul 20.30 WITA.

Saat penggeledahan, polisi menemukan timbangan digital dan telpon seluler di dalam mobil SU.

Baca juga: Petani di Kembang Janggut Kukar Simpan Sabu di Kantung Plastik, Tertangkap saat Transaksi di Jalan

Dari riwayat chat SU di handphonenya, polisi menemukan jejak transaksi dengan seorang perempuan berinisial ID (30).

Menurut keterangan SU, barang haram yang sebelumnya telah diserahkan ke ID untuk dipecah dan diedarkan.

“Mereka transaksi lewat HP dengan menentukan titik lokasi pertemuan untuk pengambilan sabu,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (2/8/2022) lalu.

Dari pengakuan SU, narkoba tersebut telah diedarkan di Kukar dan Bontang.

Dari pengakuan SU, Narkoba jenis sabu tersebut dikendalikan dari salah satu narapidana di Lapas Kutai Kartanegara (Kukar).

Baca juga: Simpan Sabu di Bungkus Rokok, Dua Pemuda di Sebulu Kukar Ditangkap Polisi

“SU juga kasih tahu kalau dia antar barang ke ID di hotel. Kemudian kita langsung bergerak dan berhasil meringkus 2 tersangka baru,” ujarnya.

Kini semua tersangka itu digelandang ke Mako Polres Bontang untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved