Berita Pemprov Kalimantan Timur

Beasiswa Kalimantan Timur untuk IKN Nusantara

Pemprov sudah menyiapkan langkah strategis untuk menangkap peluang besar dengan dijadikannya Kaltim sebagai IKN Nusantara. Salah satunya membangun SDM

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemprov Kaltim
Gubernur Kaltim H Isran Noor memberi semangat dan motivasi saat bersama para mahasiswa. Menyiapkan SDM Kaltim menangkap peluang besar IKN. 

TRIBUNKALTIM.CO - Terpilihnya Kaltim menjadi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merupakan berkah sekaligus peluang besar.

Namun, seberapa siap Kaltim menyambut peluang besar itu?

Gubernur Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi sudah menyiapkan langkah strategis untuk menangkap peluang besar itu dengan membangun sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

Salah satunya melalui program Beasiswa Kalimantan Timur (BKT).

Baca juga: BKT Sudah Dinikmati 62.925 Pelajar dan Mahasiswa, Tahun Ini Tambah Rp 156,4 Miliar

Melalui Badan Pengelola Beasiswa Kalimantan Timur (BPBKT),  Pemprov Kaltim sudah menyalurkan beasiswa bagi putra putri asal Kaltim yang menempuh pendidikan dari pendidikan dasar 12 tahun (SD, SMP dan SMA) hingga pendidikan tinggi (S-1, S-2 dan S-3).

Program yang diberi nama Beasiswa Kalimantan Timur (BKT) tersebut sudah berjalan sejak 2019 atau sudah dimulai pada tahun pertama periode Gubernur Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi.

"Program beasiswa ini memang tidak bisa kita rasakan langsung dampaknya terhadap pembangunan sekarang, namun 10-20 tahun ke depan akan kita lihat generasi muda sebagai penerus tongkat estafet pembangunan di Kaltim dan IKN Nusantara nantinya," tegas Gubernur Isran Noor dalam berbagai kesempatan.

Generasi muda yang dimaksud adalah putra putri Kaltim yang awalnya disiapkan mampu bersaing dengan SDM dari daerah lainnya di Indonesia, namun seiring dengan dibangunnya IKN Nusantara di Kaltim, maka generasi muda inilah yang diharapkan mampu mengisi SDM yang dibutuhkan di IKN Nusantara yang pembangunan awalnya direncanakan pada Agustus 2022 ini.

"Karena memang IKN Nusantara ini dibangun secara bertahap, tepatnya lima tahap, yaitu tahap pertama pada 2022-2024, tahap kedua 2025-2029,  tahap ketiga 2030-2034,  tahap keempat 2035-2039 dan tahap kelima 2040-2045. Sehingga nantinya generasi muda kita sekarang inilah yang akan berperan dalam lanjutan pembangunan dan berjalannya IKN Nusantara nantinya," urai Isran Noor.

Baca juga: Masyarakat Lokal PPU Dapat Berpartisipasi, Gubernur Isran Berterima Kasih kepada Menaker

Dijelaskan, bahwa menyiapkan SDM Kaltim berkualitas juga seiring dengan misi pertama visi Berani untuk Kalimantan Timur Berdaulat, yaitu berdaulat dalam pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan berdaya saing, terutama perempuan, pemuda dan penyandang disabilitas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved