Berita Balikpapan Terkini

Pemkot Balikpapan Launching Pengerjaan Pembangunan Bangunan Air Pengendali Banjir DAS Ampal

Penanganan dan pengendalian banjir di Kota Balikpapan menjadi program prioritas Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud.

Penulis: Niken Dwi Sitoningrum | Editor: Aris
HO/Humas Pemkot Balikpapan
Launching pekerjaan Pembangunan Bangunan Air Pengendali Banjir DAS Ampal. (HO/Humas Pemkot Balikpapan) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Penanganan dan pengendalian banjir di Kota Balikpapan menjadi program prioritas Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud.

Hal tersebut akan ditangani oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, yaitu Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Balikpapan.

“Adapun rencana prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2022 sampai dengan 2023 melalui skema multiyears kontrak adalah kegiatan pada DAS Ampal yang merupakan rangkaian pekerjaan untuk mengurangi penyebab bencana banjir di Kota Balikpapan sesuai dengan Nota Kesepakatan antara Pemkot Balikpapan dan DPRD kota Balikpapan Nomor 170/05.31.2/DPRD dan Nomor 903/1179/BPKAD Tanggal 27 Agustus 2021,” terang Andi M Yusri, Kepala Dinas PU Kota Balikpapan pada saat peresmian secara simbolis pengerjaan Pembangunan Bangunan Air Pengendali Banjir DAS Ampal, Senin (5/9/2022).

Baca juga: Tolak Kenaikan BBM di Kutim, Mahasiswa Bakar Kain di Halaman Kantor Bupati

Secara rinci, Yusri menjelaskan 6 titik lokasi yang akan dikerjakan oleh perusahaan yang telah ditunjuk oleh Pemkot Balikpapan.

“Pada pengerjaan di depan Global Sport nantinya sekaligus akan memperbaiki geometri jalan karena akan ada peninggian jalan kurang lebih sekitar 2 meter sehingga kecelakaan yang rawan terjadi (di titik tersebut) bisa kita minimalisir,” pungkasnya.

Kemudian, lanjutnya, akan ada pekerjaan tahunan saluran sekunder Balikpapan Baru yang berada di sisi jalan MT Haryono, dimana nantinya akan ada pelebaran jalan yang saat ini hanya selebar 3-4 meter dengan kedalaman rata-rata 2 meter menjadi lebar 7 meter dengan kedalaman sekitar 2,7 meter.

Baca juga: Upaya Tangani Banjir, Pemkot Balikpapan Launching Pengerjaan Pembenahan 6 Titik DAS Ampal

Selain itu, saluran sekunder Inhutani yang juga berada di sisi jalan MT Haryono dimulai dari jembatan PDAM sampai dengan kurang lebih di showroom Toyota Auto 2000.

“Kemudian pekerjaan pembongkaran ambutment, yang berada di 2 titik, yaitu di jembatan PDAM ada ambutment lama yang sudah selesai pembongkarannya, dan ini berpotensi mengganggu atau mempersempit aliran air maka akan kita bersihkan dan kita angkat sehingga mendapatkan penampang yang cukup luas,” tandasnya.

“Demikian juga yang ada di bawah jembatan jalan Jenderal Sudirman yang terletak di samping hotel Zurich,” tambahnya.

Rincian umumnya, sub kegiatan adalah pembangunan sistem drainase perkotaan, kemudian paket pekerjaannya pembangunan bangunan air pengendali banjir DAS Ampal, dengan penyedia jasa konsultan MK PT Yodya Karya (Persero), penyedia jasa konstruksi PT Fahreza Duta Perkasa dengan sumber dana berasal dari APBD Kota Balikpapan 2022-2023, masa pelaksanaan 518 hari kalender serta masa pemeliharaan 360 hari kalender.

Baca juga: Cegah Pencatutan oleh Parpol, Bawaslu Paser Ajak Masyarakat Lakukan Pengecekan Identitas Pribadi

Direktur PT Fahreza Duta Perkasa, Cahyadi mewakili penyedia jasa konstruksi juga menyampaikan ucapan maafnya jika nantinya pekerjaan ini akan mengganggu kenyamanan masyarakat Kota Balikpapan. Seperti halnya, menyebabkan kemacetan dan lain-lain.

“Dan semoga dapat menghilangkan banjir secara berkesinambungan. Mudah-mudahan selesai dengan baik dan dapat dimanfaatkan seluruh masyarakat Kota Balikpapan," tuturnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved