Berita DPRD Kukar

Jelang Festival Erau 2022, Wakil Ketua DPRD Kukar Harapkan Tercipta Suasana Nyaman bagi Pengunjung

Festival Erau, pesta adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dalam waktu dekat akan digelar di Kota Raja, Tenggarong.

TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Wakil Ketua DPRD Kukar, Siswo Cahyono berharap tercipta suasana nyaman dan aman jelang perhelatan akbar Festival Erau di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Festival Erau, pesta adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dalam waktu dekat akan digelar di Kota Raja, Tenggarong.

Ini merupakan Erau pertama pasca Covid-19 yang melanda Indonesia selama dua tahun. Agenda tahunan ini dijadwalkan hadir pada 20 September hingga 3 Oktober 2022.

Tentunya, kegiatan besar ini memang selalu ditunggu-tunggu masyarakat Kutai Kartanegara (Kukar) maupun kabupaten/kota lain di Kalimantan Timur.

Hal ini mendapat perhatian khusus dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara, Siswo Cahyono.

Ia mengatakan, menciptakan suasana nyaman terhadap pengunjung yang datang melihat kebudayaan Kutai secara langsung menjadi catatan penting.

Baca juga: Jelang Pesta Adat Erau, 15 Tenaga Andal Kesultanan Kutai Bikin 2 Replika Naga Sepanjang 17 Meter

"Nilai plusnya, wisatawan juga bisa mempromosikan Erau ini kepada masyarakat luas melalui media sosialnya," kata Siswo Cahyono kepada TribunKaltim.co, Kamis (8/9/2022).

Politisi PKB ini berharap, Erau bisa dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya dengan menggabungkan Tenggarong International Folk and Art Festival (TIFAF).

“Kami ingin Erau ini bisa menghadirkan beberapa negara. Sebagai salah satu ajang promosi di tingkat Nasional maupun Internasional,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Erau merupakan Festival Budaya, serta menjadi salah satu festival tertua di nusantara yang telah berlangsung selama berabad-abad.

Baca juga: Dua Kerangka Replika Naga Erau di Kukar Rampung Dibuat, Punya Panjang 17 Meter

Erau dimaknai dengan keramaian pesta adat. Beberapa kegiatan Erau yang akan dilakukan tahun ini ialah titi bende, beluluh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, merangin, ngatur dahar, mendirikan tiang ayu.

Kemudian bepelas malam, beseprah, pengambilan air tuli di Desa Kutai Lama, ngulur naga, beumban, begorok dan belimbur. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved