Berita Nasional Terkini

Anies Baswedan Siap Maju di Pilpres 2024, Syarief Hasan Ungkap Anies Masuk Kriteria Capres Demokrat

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan, mengungkap nama Anies Baswedan masuk dalam kriteria sebagai capres Partai Demokrat.

Editor: Ikbal Nurkarim
Kompas.com dan Tribunnews.com
Anggota Majelis Tingga Partai Demokrat Syarif Hasan sebut eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk radar calon presiden (Capres) 2024. 

TRIBUNKALTIM.CO - Anies Baswedan siap maju di Pilpres, eks Gubernur Jakarta kini masuk radar Partai Demokrat untuk Capres 2024.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku siap bertarung dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 jika ada partai yang mengusungnya.

Saat ini, Anies belum terikat kepada satu partai sehingga memungkinkannya untuk menjalin komunikasi dengan seluruh fraksi.

“Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya,” katanya kepada Reuters dalam sebuah wawancara di Singapura dikutip dari Tribunnews.com.

Baca juga: Tugas Penerus Anies Baswedan, Diganti IKN Nusantara, Jakarta Pensiun Jadi Ibu Kota

Baca juga: Anies Baswedan Disebut Bawa Perubahan Positif Pelayanan Kesehatan Selama Jabat Gubernur DKI Jakarta

Kini Anies Baswedan dikabarkan masuk radar majelis tinggi Partai Demokrat untuk Capres 2024

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan buka suara soal pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terkait kriteria calon presiden yang akan diusung.

Kata Syarief, nama mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk dalam kriteria sebagai capres Partai Demokrat.

Terlebih kata Syarief, Anies Baswedan memiliki wawasan dan mempunyai kesamaan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Memang sudah sebagian beredar. Beliau (Anies Baswedan, red) punya wawasan bagus dan punya chemistry dengan AHY," kata Syarief saat ditemui awak media di Jakarta Convention Center, usai Rapimnas Demokrat, Jumat (16/9/2022).

Kendati begitu, proses penetapan Partai Demokrat mengusung Anies Baswedan masih dalam tahap finalisasi dan pembahasan di internal Partai Demokrat.

Baca juga: Anies Baswedan Akhirnya Bicara Soal Capres 2024: Saya Siap Mencalonkan Diri Sebagai Presiden

Oleh karena itu, dalam pidato kebangsaan Agus Harimurti Yudhoyono, Partai Demokrat belum membeberkan siapa nama-nama sosok yang diyakini layak maju sebagai Capres atau Cawapres.

Terlebih, saat ini Partai Demokrat belum menentukan sikap untuk berkoalisi dengan parpol lain sebagai syarat maju dalam kontestasi Pilpres.

"Penyebutan nama (sosok yang diusung, red) saya pikir karena memang belum final semuanya masih dalam taraf penyatuan platform partai-partai koalisi. Karena koalisi lain juga belum final kan baru sekedar wacana dan sebagainya," tutur dia.

Perihal koalisi, Wakil Ketua MPR RI itu menyatakan kalau sejauh ini Partai Demokrat sudah menjalin komunikasi intens dengan dua partai.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved