Berita Kubar Terkini

Efek Harga BBM Naik, Tarif Speedboat Kubar-Mahulu Tembus Rp 400 Ribu per Orang

Tarif penumpang speedboat dari pelabuhan Tering Kabupaten Kubar menuju Pelabuhan Ujoh Bilang Kabupaten Mahulu sudah naik menjadi Rp 400 ribu per orang

Penulis: Zainul | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Angkutan penumpang speedboat membawa muatan penumpang dari pelabuhan Tering Kutai Barat menuju Ujoh Bilang Kebupaten Mahakam Ulu (Mahulu) kini tarifnya sudah mencapai Rp 400 ribu perorang. (TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL) 

TRIBUNKALTIM.CO - Tarif penumpang speedboat dari pelabuhan Tering Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menuju Pelabuhan Ujoh Bilang Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) sudah naik menjadi Rp 400 ribu per orang.

Warga menilai, kenaikan tarif transportasi angkutan penumpang jalur sungai tersebut dikarenakan adanya kenaikan harga jual bahan bakar minyak (BBM).

Mereka menilai kenaikan tarif penumpang kapal sungai ini tidak begitu signifikan dan masih terbilang wajar sebab hanya naik sebesar 12 persen dari tarif sebelumnya. 

Baca juga: Pembangunan Jalan Penghubung Penyinggahan-Muara Pahu di Kubar Ditargetkan Rampung Tahun 2023

"Sudah mau satu mingguan ini memang sudah naik Rp 400 ribu. Tadinya kan hanya Rp 300san saja per orang itu belum termasuk barang," ungkap Veronika salah satu penumpang speedboat tujuan Mahulu dari pelabuhan Tering," minggu (18/9/2022) lalu.

Para motoris speedboat juga mengaku kenaikan tarif penumpang ini sudah diketahui oleh pemerintah setempat, dan besaran tarif yang diterapkan juga merupakan hasil kesepakatan bersama melalui musyawarah yang dilaksanakan sebelumnya. 

"Kenaikan tarif speedboat hanya sekitar 11 hingga 12 persen tidak terlalu memberatkan karena sudah kesepakatan bersama dan memang BBM juga sudah naik. Tetapi paling tidak pemerintah sudah menghitung kajian ini dengan benar supaya tidak saling memberatkan penumpang dan kita pemilik jasa transportasi," kata Rampak salah satu motoris speedboat. 

Baca juga: MCS BPJS Kesehatan Hadir di Kubar, Buka Layanan Tiap Senin dan Kamis di Kantor Bupati

Tarif penumpang dari pelabuhan Tering menuju Ujoh Bilang sebelumnya berkisar Rp 350 ribu dan kini sudah naik menjadi Rp 400 ribu per orang.

Meski demikian, surat edaran pemerintah terkait penetapan perubahan tarif resmi rute antar kabupaten melalui jalur sungai itu belum dikeluarkan sehingga beberapa masyarakat masih ada yang belum mengetahui perubahan tarif tersebut.

 
"Sebelumnya selalu ada surat edaran pemerintah kalau ada perubahan tarif. Tapi sekarang ini belum ada mungkin masih disusun atau gimana kita belum tau juga," ujarnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved