Ibu Kota Negara

Pasarkan Ibu Kota Negara Akan Libatkan 3 Investasi Besar

Investasi pembangunan IKN dalam hal market sounding atau jajak pasar yang diutarakan pada Agustus 2022 lalu

TRIBUNKALTIM.CO/NIKEN DWI SITONINGRUM
Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN.TRIBUNKALTIM.CO/NIKEN DWI SITONINGRUM 

TRIBUNKALTIM.CO,BALIKPAPAN- Proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) terus berlanjut.

Sebelumnya, telah diselenggarakan konsultasi publik mengenai penyusunan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), untuk acuan dasar pembangunan serta Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk pemetaan kawasan di wilayah pembangunan IKN.

Selain itu juga, Bambang Susantono selaku Kepala Otorita IKN sempat mengungkapkan kaitannya investasi pembangunan IKN dalam hal market sounding atau jajak pasar yang diutarakan pada Agustus 2022 lalu.

“Market sounding atau jajak pasar ini sedang berjalan, nantinya tentu akan ada satu hal besar dan kami meminta bapak Presiden yang memimpin,” ucapnya.

Bambang mengatakan, hingga saat ini, jajak pasar masih terus berproses.

Baca juga: Jaring Individu Bertalenta dan Profesional Otorita IKN Nusantara akan Buka Lowongan

Baca juga: Sektor Ritel Bakal Berkembang di IKN Nusantara, Investor Minta Kepastian Pertanahan

Baca juga: Sekda PPU Harap Penyusunan RDTR IKN Nusantara Selaras Kepentingan Masyarakat

Sebelumnya, bahkan OIKN juga sempat mengadakan sosialisasi tentang peluang investasi dalam pembangunan IKN bersama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kaltim.

“Saat ini sedang berlangsung pembahasan/pembicaraan, sebelum itu juga ada sosialisasi tentang peluang berusaha dengan KADIN Kaltim.

Kemudian, ada pembicaraan lanjutan terkait permasalahan detail dengan para calon investor,” terang Bambang.

“Fokusnya dengan KADIN adalah investor domestik,” tambahnya.

Nantinya, OIKN berkeinginan puncak market sounding atau jajak pasar ini akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Insya Allah puncaknya nanti kami akan memohon untuk dipimpin oleh Presiden, masih belum tau akan diselenggarakan di Jakarta atau di sini (Kaltim),” tuturnya.

Investasi yang diharapkan dapat berkontribusi dalam pembangunan IKN ini, yakni investasi publik/pemerintah, investasi domestik dan investasi luar negeri.

Baca juga: Minat Negara Lain Investasi di Kaltim, Gubernur Isran Noor: Beberapa Sektor Diminati Karena Ada IKN

“Kan kita ada 3 investasi besar, investasi publik/pemerintah dengan menggunakan APBN atau penugasan BUMN, investasi dari investor domestik, dan investasi luar negeri bekerja sama dengan negara lain seperti Uni Emirat Arab, Korsel, Saudi Arabia, Jepang dan lain-lain,” imbuhnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved