Berita Balikpapan Terkini

Rayakan HUT PMI, Pegadaian Kalimantan Gelar Donor Darah Massal

Pegadaian juga membagikan doorprize berhadiah menarik kepada peserta yang beruntung dilanjutkan dengan seminar kesehatan

Penulis: Siti Zubaidah | Editor: Januar Alamijaya
HO/Pegadaian
Hermawan Aries Andi, Pemimpin Pegadaian Kanwil IV Balikpapan bersama Ketua PMI Balikpapan drg Dyah Muryani disela-sela kegiatan donor darah massal yang digelar Pegadaian Kalimantan untuk menyemarakkan HUT PMI 

TRIBUNKALTIM.CO - PT Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) IV Balikpapan dengan wilayah kerja Kalimantan menggelar donor darah massal.

Kegiatan ini digelar sebagau bagian dari HUT ke 77 Palang Merah Indonesia (PMI) serta wujud Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) perusahaan kepada masyarakat. 

Kegiatan donor darah massal ini digelar di aula Pegadaian Kanwil IV Balikpapan Jalan Jenderal Sudirman Stalkuda, Minggu (18/9/2022).

Sejumlah masyarakat dari berbagai kalangan hadir di acara donor darah massal ini.

Pegadaian juga membagikan doorprize berhadiah menarik kepada peserta yang beruntung dilanjutkan dengan seminar kesehatan oleh PMI Balikpapan.

Baca juga: Sediakan Hadiah Ratusan Juta Rupiah, Pegadaian Gelar Lomba MengEMASkan Sampah Untuk Indonesia

 Donor darah massal edisi HUT PMI ditargetkan menghimpun 77 kantong darah.

"Manfaat dari kegiatan ini cukup besar karena berkaitan dengan kemanusiaan. Benefit secara ekonomi hampir tidak ada tapi kalau masyarakat sehat semua, ujungnya nanti, akan memberikan dampak ekonomi. Nah masyarakat yang sehat inilah yang akan menggunakan produk Pegadaian," kata Pemimpin Pegadaian Kanwil IV Balikpapan Hermawan Aries Andi dijumpai di sela peringatan HUT PMI, sebagaimana rilis yang diterima TribunKaltim.co.

Apalagi lanjut dia menerangkan, populasi penduduk Kota Balikpapan terus bertambah seiring penetapan Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim.

"Karenanya kami sangat antusias setiap ada kegiatan sehat PMI," jelasnya.

Selain mendukung aksi donor darah, dalam kesempatan tersebut Pegadaian juga memberikan bantuan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada PMI Balikpapan.

Dalam kesempatan yang sama Ketua PMI Kota Balikpapan drg Dyah Muryani menjelaskan tebar kebaikan melalui unit donor darah dan kemarkasan menjadi penekanan HUT ke 77 PMI tahun ini. Untuk mewujudkan itu, PMI juga membutuhkan dukungan berbagai pihak.

"Kami memang selalu bermitra dengan perusahaan. Saat ini dengan Pegadaian yang memfasilitasi PMI menggelar donor darah massal dalam rangka HUT 77 PMI. Dan ini merupakan titik terang yang sangat baik karena PMI tidak bisa sendiri tanpa bantuan banyak pihak," katanya.

Baca juga: Pegadaian Gelar Khitanan Massal Menggunakan Metode Baru

Dia pun menaruh harapan, peran PMI makin eksis dan dapat terus membantu masyarakat dan bekerja sama dengan pemerintah maupun swasta untuk meningkatkan kualitas unit donor darah. Salah satunya melalui dukungan peralatan modern. Pun begitu dengan kegiatan kemarkasan yang melibatkan banyak unsur yakni TNI dan Polri.

"Saat ini kami menuju (serifikat) CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik, Red)," jelasnya. Hal itu dilakukan sebagai bagian peningkatan kualitas layanan unit donor darah. Sertifikat CPOB merupakan jaminan untuk memastikan kualitas darah untuk tranfusi aman. Ya, darah merupakan produk biologi yang wajib terjamin keamanannya. Sehingga dengan adanya sertifikat CPOB, bisa memberikan keamanan kepada masyarakat.

Atas nama Pemerintah Kota Balikpapan, Kepala Satpol PP Zulkifli mengapresiasi penyelenggaraan donor darah massal oleh PMI dalam rangka HUT ke 77 serta ucapan terima kasih atas dukungan Pegadaian.

"Kami amati Pegadaian selalu hadir setiap kegiatan PMI. Ini kemitraan yang baik. Kami juga meminta PMI untuk terus menambah kegiatan donor darah," ulas Zul, karib ia disapa.

Dia memandang, memperbanyak aksi donor darah tidak hanya menjaga ketersediaan darah tapi juga antisipasi menghadapi penambahan jumlah penduduk yang cukup besar dampak pemindahan IKN ke Kaltim.

"Migrasi penduduk dari kota lain itu sekitar 1,5 juta. Ini tentu saja akan membutuhkan ketersediaan darah yang sangat besar. Kami mendorong dan bersyukur sekali PMI untuk melakukan upaya menyesuaikan diri untuk pelayanan," terangnya.

Baca juga: Pegadaian-Kemenpora Ajak Pemuda Indonesia Berdaya Saing dan Merdeka Finansial

Lebih dari itu, Pemerintah Kota Balikpapan juga mendorong dan mendukung PMI meraih sertifikat CPOB. "Supaya nanti kualitas pelayanan darah berstandar. Karean seluruh Indonesia hanya beberapa (PMI) yang (bersertifikat CPOB). Kami sudah lama menargetkan CPOB. Semoga bisa tercapai dengan cepat sehingga sebelum IKN (dimulai) PMI Balikpapan sudah (kantongi sertifikat) CPOB," katanya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved