Berita Samarinda Terkini

DPRD Kaltim Tanggapi Rencana Dinas Perpustakan dan Kearsipan Manfaatkan Aset Pemprov Untuk Dikelola

Pemprov Kaltim sebetulnya selalu diminta agar memfungsikan aset-aset yang telah lama tak terpakai guna difungsikan oleh OPD.

Penulis: Mohammad Fairoussaniy | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD FAIROUSSANIY
Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Salehuddin, menilai Pemprov Kaltim bisa memanfaatkan aset tak terpakai guna difungsikan oleh OPD. (TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD FAIROUSSANIY) 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pemprov Kaltim sebetulnya selalu diminta agar memfungsikan aset-aset yang telah lama tak terpakai guna difungsikan oleh OPD.

Anggota DPRD Kaltim, Salehuddin menilai, salah satu OPD seperti Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim juga bisa memanfaatkan aset yang ada.

Posisi gedung yang saat ini ditempati dinilai tak lagi strategis dikunjungi masyarakat, karena berada di lokasi rawan banjir.

Baca juga: Anggaran Belum Siap, DPRD Samarinda Tunda Reses Jadi Awal Oktober 2022

"Sekilas mungkin ini tidak penting, tetapi ke depan ini jadi sangat penting. Segera mengalokasikan, mengefektifkan aset Pemprov yang tidak terpakai menjadi fasilitas perpustakaan agar literasi Kaltim meningkat. Ini jaminan masyarakat untuk bisa berperan di IKN juga," ungkapnya, Selasa (20/9/2022).

Salehuddin juga prihatin dengan keberadaan bangunan gedung DPK Kaltim yang terletak di Jalan Juanda, Kota Samarinda, yang memang terkadang kondisinya mengalami banjir ketika curah hujan tinggi datang, sehingga minat masyarakat untuk datang berkunjung sangat kecil.

"Kita prihatin keberadaan bangunan Perpustakaan yang saat ini banjir jika hujan. Kita boleh mengesampingkan ini, tapi ini bagian upaya kita untuk bagaimana menumbuhkan minat baca akan sulit. Bagaimana masyarakat mau datang kalau fasilitasnya saja berpolemik sekian tahun," terang anggota Komisi IV DPRD Kaltim ini.

Baca juga: Mimpi Walikota Andi Harun, Membawa Samarinda jadi Kota Pusat Peradaban dengan Literasi

Pemprov Kaltim seharusnya juga fokus pada peningkatan sumber daya manusia, dengan memperhatika bangunan Perpustakaan.

"Pemprov harus fokus pada peningkatan SDM, ini penting, jangan dengan rendahnya minat baca dan tidak didorongnya fasilitas, maka literasi kita akan rendah. Akan berdampak pada rendahnya daya saing masyarakat Kaltim, rendahnya Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Kaltim dan rendahnya income," tutup Salehudin.  (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved