Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Tenggarong Kutai Carnival 2022 Digelar, Usung Kostum 'The Kingdom of Kutai Kartanegara'

Tenggarong Kutai Carnival kembali digelar dengan mengusung slogan "The Kingdom of Kutai Kartanegara".

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Aksi talent Tenggarong Kutai Carnival pada Minggu (18/9/2022) lalu. Kegiatan yang digelar dalam rangka hari jadi ke-240 Kota Tenggarong ini mengusung tema "The Kingdom of Kutai Kartanegara". 

TRIBUNKALTIM.CO - Tenggarong Kutai Carnival (TKC) akhirnya kembali melakukan showtime di panggung dan beberapa ruas jalan protokol Tenggarong, setelah dua tahun tiada karena pandemi Covid-19.

Aksi talent TKC itu diawali di Planetarium Jagad Raya menuju halaman parkir jembatan Repo - Repo, Minggu (18/9/2022).

Ini merupakan rangkaian Festival Kota Raja (FKR) dalam rangka hari jadi ke-240 Kota Tenggarong.

Baca juga: Biaya Pendidikan Anak-anak ODHA Dirumuskan, KPAD Beri Makanan Tambahan dan Vitamin

Dengan mengusung slogan "The Kingdom of Kutai Kartanegara" para talent TKC menampilkan kostum bertema Lembuswana, Topeng Nusantara dan Prasasti Batu Yupa.

"Para talent TKC melakukan workshop selama 14 hari sebelum showtime ini untuk memberikan penampilan terbaiknya," ujar David HK Saputra, mewakili Kepala Dispar Kukar membuka Showtime TKC.

Ia berharap dengan penampilan ini bisa mengembalikan aksi panggung para talent TKC, dan tahun depan TKC terus meningkat dengan ide - ide kreatif dan inovasinya.

Secara terpisah Ketua TKC Rhifi Dolly mengatakan, TKC mengangkat tiga tema tersebut karena Kukar terkenal dengan Kesultanan-nya.

Pihaknya juga telah izin dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura untuk mengangkat tema tersebut.

"Ini tahun yang sangat kami nantikan, karena 10 tahun berkarya di TKC. Selama 10 tahun akhirnya bisa mendapatkan izin untuk mengangkat tema Kesultanan Kutai, lumayan agak lama dan bersabar, dan alhamdulillah tahun ini mendapatkan izin ,” ungkapnya.

Baca juga: Peringatan Harhubnas 2022 di Kukar, Bupati Edi Menyerahkan Bantuan dan Penghargaan

Untuk show tersebut, TKC mengajak talent senior dan mencari 30 talent baru, untuk bekerja sama dan berkarya tahun ini.

Peserta berasal dari beberapa kecamatan di Kukar, dengan waktu latihan hanya 14 hari.

Selama workshop TKC, banyak diajarkan untuk membuat kostum, pendalaman karakter yang akan dibawakan, gaya di catwalk dan semua kebutuhan untuk showtime.

Semua diberikan kebebasan oleh Kesultanan untuk berkreasi dalam membuat kostum, karena semua bersifat kontemporer, berkreasi dalam pengembangan berdasarkan kreativitas masing - masing. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved