Berita Kubar Terkini

Pencuri Puluhan Unit AC di Gor Desnan Kutai Barat Ditangkap Polisi, Sejumlah BB Turut Diamankan

Pelaku pencurian puluhan unit fasilitas pendingin ruangan berupa Air Conditioner atau AC di gedung gor Desnan Kutai Barat akhirnya berhasil dibekuk

Penulis: Zainul | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Anggota Satreskrim Polres Kutai Barat memperlihatkan sejumlah barang bukti AC hasil pencurian dari Gor Desnan Kutai Barat oleh tersangka berinisial AS. (TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL) 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR  - Pelaku pencurian puluhan unit fasilitas pendingin ruangan berupa Air Conditioner atau AC di gedung gor Desnan Kutai Barat akhirnya berhasil dibekuk jajaran Satreskrim Polres Kutai Barat.

Pelaku diketahui berinial AS (37) warga Kampung Ngenyan Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat. Dia diamankan Polisi saat sedang santai di rumahnya di kawasan Barong Tongkok pada Rabu  (21/9/2922) kemarin.

Menurut keterangan hasil penyelidikan Polisi, AC yang telah dicuri pelaku dari gedung Gor Desnan tersebut berjumlah sebanyak 15 unit dengan berbagai jenis tipe dan ukuran.

Kapolres Kubar AKBP Heri Rusyaman melalui Kasat Reskrim Polres Kubar Iptu Jumadi mengatakan modus tersangka saat melakukan pencurian di Gor Desnan berpura-pura melakukan pengecekan fasilitas Gor.

Baca juga: Banjir di Jalan Akses Trans Kalimantan Menuju Kubar, DPRD Kaltim Panggil Perusahaan Rumuskan Solusi

Usai clingak-clinguk kanan kiri dan memastikan tidak ada orang yang melihatnya, pelaku langsung bergerak cepat mencopot mencopot mesin AC kemudian dibawa kabur menggunakan mobol pickup yang sudah ia sediakan.

" Jadi pelaku ini melakukan pengambilan AC itu dicicil. Satu hari dia bisa ambil 2-3 unit dan hari berikutnya juga begitu. Total keseluruhan ada 15 unut kemudian dia jual ke pengepul besi tua dengan harga yang bervariasi dari Rp 5 juta samlai Rp 6 juta 500 per unit," ujarnya, " Kamis (22/9).

Pelaku mengambil AC menggunakan peralatan manual berupa obeng dan kunci 13. Selanjutnya AC yang telah ia dicopot langsung dimasukkan ke dalam mobil picpup yang memang sudah dibawa pelaku dari rumahnya. Aksi tak terpuji itu dia lakukan saat kondisi di kawasan gedung gor desnan sedang sepi. 

Baca juga: Dampak Kenaikan BBM, Petani Kubar Batasi Gunakan Motor, Angkut Hasil Ladang Lebih Berat di Ongkos

Selain mencuru AC, pelaku juga mencuri puluhan meter kabel tembaga dan pipa besi yang ada di dalam gor desnan. Hasil penjualan dari keseluruhan barang-barang curian berupa AC dan kabel tembaga itu senilai Rp 30 juta 500 ribu.

" Total pendapatan tersangka Anton Suropati dari penjualan barang-barang hasil curian tersebut yaitu sebesar kurang lebih Rp 30 juta. Uang tersbeut kemudian digunakan oleh pelaku untuk biaya hidup sehari-hari," jelasnya. 

Sebelumnya, pada Kamis lalu (15/9) sejumlah fasiltas pendingin ruangan yang ada di gedung gor desnan Kutai Barat raib dan duduga dicuri maling. letugas gor desnan kemudian melaporkan hal itu kepada pihak kepolisian Polres Kubar. 

Baca juga: Pemkab Kubar Buka Lumbung Pangan Demi Atasi Inflasi Daerah

Selanjutnya, jajaran Satresnarkoba Polres Kubar melakukan pengecekan di lokasi kejadian perkara (TKP) dan berhasil mengidentifikasi pelaku. Pelaku kemudian dijemput petugas di rumaynya yang terletak di Kampung Ngenyan Asa Kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat pada Rabu kemarin. 

Saat ini pelaku AS mendekam di sel tahanan Polres Kubar sambil menunggu hasil peyelidikan dan pengembangan lebih lanjut. Sementara seluruh barang-barang hasil curian tersangka, disita petugas sebagai barang bukti hasil kejahatan.

Atas perbuatannya itu, pelaku dijerat pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman pidana penjara di atas 5 tahun. (*) 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved