Berita Balikpapan Terkini

Semangat Turn Around Jadi Inspirasi Pekerja Pertamina Untuk Berbagi

Sebagai bentuk komitmen untuk memastikan kehandalan operasional Kilang, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan.

Penulis: Ary Nindita Intan R S | Editor: Aris
HO/PERTAMINA
Pelaksanaan Program Turn Around (TA) oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI). (HO/Pertamina) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sebagai bentuk komitmen untuk memastikan kehandalan operasional Kilang, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan, saat ini sedang melakukan program perawatan kilang skala besar atau yang dikenal dengan program Turn Around (TA).

Program TA ini dilaksanakan setiap 3 atau 4 tahun sekali dan merupakan bentuk komitmen Pertamina untuk memastikan kehandalan operasional kilang. Pengelolaan yang handal, aman dan selamat akan menjadi legacy yang harus dibangun Pertamina.

"Ini juga akan menjadi catatan sejarah panjang bagaimana kompetensi Pertamina memastikan pengelolaan kilangnya dapat berjalan aman dan selamat," kata Area Manager Communication, Relations and CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin, pada Minggu (25/9/2022).

Disemangati oleh pekerjaan besar tersebut, para pekerja KPI Unit Balikpapan juga melaksanakan program employee volunteerism dengan melakukan penggalangan dana.

Penggalangan yang dilakukan kali ini berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 39 juta.

Baca juga: LPM Gunung Samarinda Gelar Jalan Santai dengan 8.000 Kupon

"Penggalangan dana serta penyaluran bantuan yang dilaksanakan selama masa TA ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar kami untuk memohon perlindungan Tuhan Yang Maha Esa," ujar Chandra.

"Melalui dukungan doa dari orang-orang sekitar kilang agar pekerjaan TA ini dapat berjalan dengan aman dan lancar," imbuhnya.

Pekerjaan TA tentu tidak semata-mata menuntut kemampuan teknis para pekerjanya, namun tentunya ada kuasa yang lebih besar. "Sebagai orang yang beriman, tentu kita menyakini ada kekuatan yang lebih besar dari kemampuan kita sebagai manusia. Untuk itu, usaha kita tetap harus disempurnakan dengan permohonan doa," pungkas Chandra.

Baca juga: Viral Bantu Lansia, Bripka Anju Terima Penghargaan dari Kapolda Kaltim

Donasi yang terkumpul tersebut kemudian disalurkan dalam bentuk paket sembako sebanyak 254 paket. Penyaluran bantuan dilakukan setiap hari Jumat sejak pertengahan bulan Agustus lalu.

Penerima bantuan paket sembako tersebut antara lain para supir angkot, petugas kebersihan Pasar Pandan Sari, warga Kelurahan Prapatan yang terkena longsoran, warga masyarakat kurang mampu di Kelurahan Karang Jati dan Margasari, guru TPA TPQ di Kelurahan Baru Tengah, masyarakat yang terkena musibah kebakaran di Gunung Polisi Kelurahan Baru Ilir serta Rumah Tahfizh Qur'an Daarul Farhanah.

"Pertamina saat ini juga terus mendorong para pekerjaanya terlibat dalam berbagai kegiatan sosial. Jadi selain mengumpulkan donasinya, para pekerja tersebut juga membantu penyalurannya. Semoga bantuan ini menjadi berkah buat semua," ucap Chandra. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved