Berita Bontang Terkini

BLT BBM Disalurkan Oktober, Pemkot Bontang Tetapkan Rp 450 Ribu per KK

Pemkot Bontang telah menetapkan jumlah kuota penerima dan besaran nilai BLT BBM yang bakal disalurkan pada Oktober mendatang.

Penulis: Ismail Usman | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ISMAIL USMAN
Ilustrasi penyaluran BLT BBM di Kelurahan Bontang Kuala beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Pemkot Bontang telah menetapkan jumlah kuota penerima dan besaran nilai BLT BBM yang bakal disalurkan pada Oktober mendatang.

Dari data yang dihimpun, Pemkot Bontang hanya menyediakan 10 ribu kuota penerima untuk besaran nilai bantuan sebesar Rp 450 ribu per KK.

Sebelumnya Pemkot Bontang mewacanakan akan melakukan refocusing Rp 13 miliar untuk keperluan BLT BBM yang bersumber dari APBD.

Sebab refocusing 2 persen APBD Pemkot Bontang tidak hanya diperuntukkan untuk BLT BBM, melainkan untuk pembiayaan beberapa program lainya.

Sehingga Pemkot Bontang hanya mengalokasikan Rp 6 miliar untuk BLT BBM.

Baca juga: Memastikan Tepat Sasaran, Wawali Najirah Bakal Memantau Penyaluran BLT BBM Pemkot Bontang

“Jadi tidak semua itu direalisasikan untuk BLT, sebagian ada program lain. Mungkin sekitar Rp 6 miliar saja. Penerimanya berkisar 10 ribuan orang lebih lah, saya lupa angka tepatnya," kata Sekretaris Kota Bontang, Aji Erlynawati saat dikonfirmasi, Senin (26/9/2022).

Aji menjelaskan, penyaluran bantuan hanya Rp 450 ribu untuk keperluan selama 3 bulan, yakni dari Oktober hingga Desember.

“Jadi bantuannya terhitung per bulan hanya Rp 150 ribu kalau tidak salah,” ujarnya.

Alokasi dana BLT itu berdasarkan arahan Menteri Keuangan Nomor 134/PMK.07/2022 tentang Belanja Wajib dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun Anggaran 2022.

Wacananya penyaluran akan dimulai pada Oktober nanti.

Sementara untuk Kriteria penerima juga sesuai dengan arahan pemerintah pusat, mulai dari kalangan profesi ojek, usaha mikro kecil serta menengah, penciptaan lapangan kerja, dan pemberian subsidi sektor angkutan umum. 

Baca juga: Besok Hari Terakhir Penyaluran BLT BBM di Bontang

Kalangan yang ditetapkan ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang belum menerima program manfaat lainnya. 

"Kalau sudah dapat bantuan seperti PKH, BPNT, BLT BBM dari Pemerintah Pusat tidak bisa lagi dapat yang dari Pemkot Bontang," ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved