Berita Balikpapan Terkini

Balikpapan Fest 2022 Dibuka dengan Petikan Alat Musik Sapek, Berharap Dongkrak Ekonomi

Dibuka dengan Tarian Tradisional dan peragaan busana (fashion show) daerah khas Kota Balikpapan

Penulis: Niken Dwi Sitoningrum | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/NIKEN DWI
Wali Kota dan perwakilan Kemenparekraf membuka kegiatan Balikpapan Fest 2022 dengan memetik alat musik khas Kalimantan, Sapek di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.  

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia pada tanggal 27 September dan juga Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober, Pemerintah Kota Balikpapan menggelar event Balikpapan Festival 2022.

Gelaran ini resmi dibuka pada Jumat (30/9/2022) malam oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Dadang Rizki Ratman selaku Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama dan Kepala Subdit Promosi Wilayah Kalimantan dan Sulawesi, Trindiana Tikupasang perwakilan dari Kemenparekraf RI. Selain itu, juga hadir unsur Forkopimda Kota Balikpapan dan masyarakat.

Kegiatan ini juga terpilih masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) oleh Kemenparekraf RI.

Sejalan dengan pemindahan IKN dan Kota Balikpapan sebagai kota penyangga IKN, Disporapar mengambil tema “Nusantara Kita”.

Baca juga: NEWS VIDEO Peringati Hari Pariwisata Dunia, Disbudpar Kaltim Susur Sungai Tunan

CI Ratih Kusuma, Kepala Disporapar Kota Balikpapan berharap kegiatan ini dapat membangkitkan lagi semangat kolaborasi di seluruh elemen masyarakat dalam mengangkat potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Dengan memberikan wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif guna meningkatkan perekonomian Kota Balikpapan,” ucap Ratih dalam sambutannya.

Adapun jenis-jenis kegiatannya, antara lain:

- Festival musik dengan kategori pelajar dan umum yang diselenggarakan di BSCC Dome. Mulai 30 September hingga 2 Oktober 2022

- Fashion show busana adat dan Batik dengan desainer lokal berasal dari Balikpapan, Samarinda dan Bontang.

- Kuliner Nusantara yaitu tenant kuliner yang diikuti paguyuban dan pelaku ekonomi kreatif

- Choral, Oschestra, Folklore Festival (COFF). Paduan suara, orkestra dan tarian dengan peserta asa Makassar, Polewali Mandar, Samarinda dan Tenggarong. 1 Oktober 2022

- Barista Nusantara Championship, yang diikuti secara lokal (kota) hingga tingkat provinsi dengan jumlah 71 peserta.

Baca juga: Tren Wisata di Balikpapan Meningkat Saat Akhir Pekan

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mendukung penuh kegiatan ini dengan harapan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dalam dan luar daerah serta mendorong peningkatan perputaran perekonomian Kota Balikpapan.

“Kami tunggu instruksi Kemenparekraf RI karena Balikpapan memiliki semua aspek peranan penting dan strategis dalam pembangunan IKN ke depannya,” tutur Rahmad.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved