Berita Kutim Terkini

169 Mahasiswa STAI Sangatta Diwisuda, Bupati Kutim Beri Ucapan Selamat

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta kembali menggelar wisuda program sarjana strata satu (S1) tahun akademik 2022/2023.

Penulis: Syifaul Mirfaqo | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO
Penyerahan penghargaan kepada wisudawan dan wisudawati terbaik STAI Sangatta oleh Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman. TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta kembali menggelar wisuda program sarjana strata satu (S1) tahun akademik 2022/2023.

Wisuda berlangsung di Gedung Serba Guna, Kawasan Bukit Pelangi, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dengan diikuti sebanyak 169 wisudawan dan wisudawati.

Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman turut hadir menyaksikan ratusan mahasiswa tersebut secara resmi menyandang gelar sarjana.

Orang nomor satu di Kutim tersebut menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan dan wisudawati seiring melepaskan mereka untuk kembali ke masyarakat.

“Saya ucapkan selamat atas mendapatkan gelar sarjana dan bisa kembali bermasyarakat dengan bekal ilmu pengetahuan yang sudah disiapkan selama ini,” ujarnya seperti dikutip dalam sambutan, Senin (3/10/2022).

Baca juga: STAI Sangatta Wisuda 148 Mahasiswa, Wabup Kutim Minta Kontribusi Positif untuk Pembangunan Daerah

Dirinya mengungkap, di tahun 2007, kehadiran STAI Sangatta merupakan jawaban atas minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) di Kutim yang berbasis pada ilmu pendidikan, ekonomi, dan hukum agama.

Begitupun dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian dihadirkan di Kutim karena potensi pertanian Kutim yang saat itu terbilang tinggi.

"Maka saat itu pemerintah bersepakat dengan DPRD Kutim, bahwa kita harus mendirikan perguruan tinggi," ucapnya.

Namun karena pemerintah tidak boleh mengelola perguruan tinggi, maka dibuatlah yayasan yang menjalankan amanah pemerintah daerah Kutim.

Untuk itu, kembali Bupati Ardiansyah menyampaikan selamat kepada para mahasiswa yang membawa harapan-harapan dari pemerintah untuk membangun dan meningkatkan kualitas SDM di Kutim.

Sementara itu, Ketua STAI Sangatta, Arif Rembang mengatakan bahwa sejak berdiri di tahun 2007, pihaknya sudah menyematkan gelar sarjana kepada ribuan mahasiswa.

“Alhamdulillah, kami melaksanakan wisuda yang ke 12. Sejak berdirinya STAI Sangatta, dari tahun 2007 sampai sekarang, sudah berhasil mewisudah 1441 mahasiswa,” ujarnya.

Baca juga: STAI Sangatta Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Biaya SPP dan Gedung Gratis

Bahkan sebagian dari mahasiswa tersebut, ada yang kembali mengabdikan dirinya untuk almamaternya, baik sebagai karyawan ataupun sebagai dosen.

Sementara hari ini, pihaknya mewisuda 169 mahasiswa sedangkan yang masih aktif sebanyak 801 mahasiswa.

Pada tahun akademik 2022/2023 l, STAI Sangatta menerima mahasiswa baru sebanyak 220 mahasiswa, yang terdiri dari dua jurusan yakni tarbiyah dan syariah.

Acara wisuda juga dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada lima wisudawan dan wisudawati terbaik, sebagai berikut:

1. Yu'ti Afidah
2. Nur Alfina Rizqiya
3. Nilawati
4. Rosi Zainatun Nur
5. Rahmat Hidayatullah. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.  

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved